list

Diguyur Hujan 12 Jam, Longsor dan Puluhan Hektar Sawah Diterjang Banjir

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Hujan selama 12 jam lebih, di wilayah Cukuh Balak, Tanggamus, Kamis (13/10/2022) malam, hingga Jumat (14/10/2022) siang mengakibatkan puluhan hektar sawah diterjang banjir.

Tidak hanya banjir, sejumlah titik longsor dan beberapa diantaranya menyebabkan jalan raya retak, lantaran pergeseran permukaan tanah juga terjadi.

“Aliran sungai yang membelah Pekon Kubulangka, Cukuh Balak meluap, sehingga puluhan hektar sawah terendam. Ada dua dusun yang terkena imbas, yakni Dusun Pangandaran dan Dusun Kubulangka,” kata Wakil Ketua Gerakan Pemuda Ansor Tanggamus, Andiyoko yang kebetulan berdomisili tidak jauh dari lokasi, Jumat (14/10/2022) siang.

Menurut Andi, meluapnya aliran sungai lantaran diguyur hujan sejak Kamis malam dan baru reda Jumat siang, sekitar pukul 11.00 wib. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Kendati demikian, Andi menuturkan masih ada wilayah yang terdampak lebih parah, yakni di Pekon Banjar Negeri, Pekon Gedung dan Wilayah Pekon Pertiwi.

“Kami dapat kabar jika ada beberapa desa yang terdampak banjir bandang, air masuk hingga ke pemukiman warga, yakni di Pekon Banjar Negeri, Pekon Gedung dan  di Wilayah Pekon Pertiwi. Saya belum dapat info selanjutnya terkait kondisi warga,” tutur Andi.

Selain jarak yang cukup jauh, lanjut Andi, untuk bisa ke wilayah Pekon Pertiwi membutuhkan kendaraan yang prima, terlebih pada saat cuaca ekstrim seperti saat ini.

“Mudah-mudahan cuaca segera normal dan aliran sungai juga kembali normal. Sehingga warga bisa betaktifitas kembali,” tandasnya. (tim/red/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved