list

Demo Istana, Mahasiswa Dorong Pemakzulan Jokowi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Boikot Papol Kontra Pemakzulan, Minta Para Menteri Mundur

PEMBARUAN.ID – Sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas menggelar aksi unjuk rasa di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (07/02/2025) sore.

Selain membawa sejumlah atribut dari masing-masing universitasnya, mahasiwa juga membentangkan sepanduk bertuliskan kritik terhadap kepemimpinan Jokowi.

Mahasiwa juga terlihat membakar sejumlah baliho caleg, salah satunya baliho kampanye paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Sebelum tiba di Istana Merdeka, mahasiswa juga sempat melakukan aksi longmarch dari Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat.

Ini 4 tuntutan mahasiwa:

1. Makzulkan Presiden Jokowi
2. Boikot parpol yang tak mendukung pemakzulan Presiden Jokowi.
3. Desak para menteri mundur dari Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin
4. Menyerukan protes di berbagai daerah di seluruh Indonesia sampai Presiden Jokowi dimakzulkan.

Selain empat tuntutan tersehut, ada 10 isu yang mereka soroti yakni, pemilu curang, KKN, konflik agraria, monopoli SDA, kerusakan lingkungan, pendidikan dan kesehatan mahal, kebebasan sipil, keadilan ekonomi dan gender, kekerasan aparat, dan produk hukum bemasalah.

Dikutip dari berbagai sumber, mahasiwa berangkat dari Tugu 12 Mei di depan kampus Trisakti di Grogol. Mereka memakai jaket almamater kampus masing-masing.

Pantauan di lokasi sekitar pukul 18.15 WIB, massa aksi mulai melakukan aksi bakar-bakaran. Mereka membakar sejumlah spanduk caleg dan capres yang ditemukan saat long march dari Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved