logo pembaruan
jalan khusus mobil listrik
list

Swedia Merancang Sebuah Proyek Jalan Raya Mobil Elektrik yang Mampu Mengisi Daya

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Swedia tengah merancang sebuah proyek jalan raya yang mampu mengisi daya kendaraan listrik saat sedang melaju. Proyek ini diharapkan dapat mengurangi kebutuhan berhenti dalam waktu lama untuk pengisian daya baterai.

Setelah melakukan beberapa percobaan, jalan khusus pengisian daya ini direncanakan rampung pada 2025. Namun para insinyur masih mencari teknologi terbaik untuk mewujudkannya.

Masalah utama terletak pada jenis kendaraan yang akan melewati jalan tersebut. Menurut Jan Pettersson dari Otoritas Transportasi Swedia, tantangan terbesar adalah menemukan cara agar truk-truk besar tidak perlu menggunakan baterai berlebihan. Pasalnya, penambahan baterai akan membuat truk semakin berat.

Untuk mengatasinya, Swedia berencana membuat jalan khusus yang bisa mengisi daya kendaraan listrik saat berjalan.

Sebelumnya ada teknologi seperti truk dan bus listrik yang bisa tersambung ke jaringan listrik atas jalan atau rel penghantar listrik. Teknologi ini sudah umum di beberapa tempat di Eropa. Di Prancis, teknologi serupa tengah diujicoba di jalan tol untuk truk.

Namun, tim di Swedia lebih memilih teknologi yang bisa mengisi daya mobil listrik tanpa harus tersambung langsung ke jaringan listrik. Mereka ingin mencoba teknologi pengiriman daya ke mobil listrik dari bawah jalan menggunakan magnet. Meski uji coba teknologi semacam itu baru dilakukan dalam jarak pendek.

Jalan sepanjang 13 mil yang terpilih untuk proyek percontohan ini adalah bagian dari jalan raya E20, yang menghubungkan pusat logistik antara Hallsberg dan Örebro. Jalan ini mudah diakses dari tiga kota besar di Swedia.

Jika berhasil diterapkan di jalanan yang lebih panjang, teknologi ini berpotensi membuat kendaraan listrik tak perlu baterai seluas saat ini. Sebuah studi menunjukkan bahwa jika truk bisa mengisi daya sambil jalan, mobil pribadi juga bisa menggunakan baterai lebih kecil. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved