logo pembaruan
betavolt
list

Heboh! Betavolt Kembangkan Baterai Nuklir Awet Hingga Puluhan Tahun

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Perusahaan teknologi asal China, Betavolt, tengah mengembangkan inovasi revolusioner dalam dunia energi, yakni baterai nuklir yang diklaim mampu memberikan daya tahan hingga puluhan tahun. Informasi ini muncul sebagai solusi potensial untuk meningkatkan masa pakai perangkat elektronik, seperti ponsel, laptop, hingga perangkat wearable.

Berbeda dengan baterai konvensional yang umumnya menggunakan material lithium, Betavolt mengandalkan baterai bertenaga nuklir, sebuah terobosan yang diharapkan dapat mengatasi keterbatasan daya tahan baterai yang ada saat ini.

Baterai ini beroperasi dengan memanfaatkan peluruhan radioaktif untuk menghasilkan energi listrik. Walaupun konsep ini belum pernah diterapkan sebelumnya karena kekhawatiran terkait bahaya bahan radioaktif, Betavolt memastikan bahwa baterai ini aman dan ramah lingkungan.

Perusahaan ini telah berhasil mengembangkan prototipe baterai dengan ukuran yang sangat kompak, hanya sekitar 15 x 5 x 5 mm, tidak lebih besar dari sekeping uang logam. Meskipun begitu, model ini sudah mampu menghasilkan listrik sebesar 100 mikrowatt dengan voltase 5V.

Dalam pernyataan resmi, Betavolt menyebutkan bahwa baterai ini dapat memenuhi kebutuhan pasokan listrik jangka panjang dalam berbagai skenario penggunaan, termasuk di antariksa, peralatan AI, peralatan medis, mikroprosesor, sensor canggih, drone kecil, dan robot mikro.

Saat ini, Betavolt sedang merencanakan produksi baterai dengan daya sebesar 1 watt pada tahun 2025. Mereka yakin bahwa baterai ini dapat digunakan untuk memasok energi pada ponsel yang tak perlu di-charge secara berkala dan drone yang dapat terbang tanpa henti. Betavolt bahkan mengklaim bahwa baterai ini memiliki masa pakai hingga 50 tahun.

Selain itu, baterai ini disebut dapat berfungsi di temperatur ekstrem, mulai dari -60 derajat hingga 120 derajat Celsius. Betavolt menekankan bahwa baterai bertenaga nuklir ini tidak akan menyebabkan radiasi eksternal dan aman untuk digunakan pada perangkat kesehatan, seperti alat pacu jantung, jantung buatan, dan koklea di tubuh manusia.

Betavolt optimis bahwa baterai bertenaga nuklir buatannya tidak hanya inovatif, tetapi juga ramah lingkungan. Setelah masa peluruhan, isotope yang dihasilkan akan berubah menjadi isotope tembaga yang stabil, yang tidak radioaktif dan tidak menimbulkan ancaman atau polusi di lingkungan sekitarnya. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved