list

Pilgub 2024, Golkar Putuskan Kembali Usung Arinal

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Lampung memastikan kembali mengusung Ketua DPD I Arinal Djunaidi sebagai Calon Gubernur Lampung pada Pilgub 2024 mendatang.

Kepastian tersebut ditegaskan Sekretaris DPD I Partai Golkar Lampung Ismet Roni, di ruang kerjanya, Rabu (01/02/2023).

“Kita sudah menggelar Rapimda untuk mempertegas kembali mengusung Arinal Djunaidi pada Pilgub 2024,” kata Ismet.

Menurutnya, keputusan tersebut final dan tidak akan berubah. Terlebih, lanjut dia, masyarakat masih menginginkan Arinal Djunaidi memimpin Lampung.

“Secara objektif, rakyat masih menginginkan beliau (Arinal) kembali untuk menjadi Gubernur dua periode,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua Komisi IV DPRD Lampung itu menuturkan, ecara komperhensif, kepemimpinan Gubernur Arinal, meski dihantam dua tahun pandemi Covid-19, ekonomi Lampung triwulan II-2022 tumbuh 5.22 persen, Year-Over-Year (YOY).

“Secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Lampung semester I tahun 2022 dibanding semester I tahun 2021 tumbuh sebesar 4.07 persen,” paparnya.

Di bawah kepemimpinan Arinal Djunaidi, pertumbuhan ekonomi Lampung, jelas dia, secara quarter-to-quarter (Q-to-Q) dipengaruhi produksi komoditas pangan yang mengalami peningkatan dengan pengungkit utama padi dan ubi kayu.

Sedangkan secara YOY didominasi oleh peningkatan produksi jagung, kedelai, dan ubi kayu. Produksi komoditas perkebunan meningkat ditandai adanya panen kopi di Lampung Barat, peluncuran desa devisa lada hitam di Lampung Timur,” ujarnya.

Selain itu, berdasarkan data Kemenkeu RI, pendapatan Wilayah Lampung mengalami kenaikan sebesar Rp1,76 Triliun atau 23,34 persen (YOY).

Kenaikan terbesar disumbangkan oleh Pajak Penghasilan sebesar Rp2,59 Triliun atau 36% dari total penerimaan. Sedangkan growth terbesar dialami oleh Bea Keluar yaitu sebesar 125,69% (YOY).

“Belum lagi di sektor pertanian yang menjadi leading sektor unggulan Gubernur Arinal Djunaidi,” ungkapnya.

Program Kartu Petani Berjaya (KPB), lanjut dia, bertransformasi menjadi aplikasi Kartu Petani Berjaya berbasis elektronik (e-KPB), yang dapat saling terhubung dan berbagi pakai dengan sistem lainnya.

“Ratusan ribu petani, melalui e-KPB telah mendapatkan kemudahan dalam sarana produksi pertanian (benih, pupuk, dan sebagainya),” kata dia.

Belum lagi, tambah Ismet, pembinaan dan pendampingan manajemen usaha dan teknologi, pemasaran hasil pertanian, layanan asuransi usaha dan jaminan ketenagakerjaan.

“Dirambah beasiswa pendidikan bagi keluarga petani tidak mampu, hingga akses permodalan dari perbankan dan lembaga keuangan,” jelasnya.

Dari sektor infrastruktur, Ismet mengatakan, jalan mantap di Provinsi Lampung pada akhir 2022 mencapai 76,16 persen. Capaian tersebut, kata dia, melebihi target yang ditentukan yaitu sebesar 76 persen. Sementara pada 2023 ini, Pemprov Lampung menarget jalan mantap 77 persen.

“Pemprov Lampung pada 2023 ini akan memperbaiki 99 ruas jalan provinsi dengan total panjang mencapai 200 kilometer. Ruas jalan tersebut tersebar di seluruh Lampung. Dan tentunya masih banyak lagi capaian program yang berhasil diwujudkan pada kepemimpiman Gubernur Arinal Djuanidi,” ungkap politisi senior itu.

Atas dasar itu pula, menurut Ismet, Rapimda Partai Golkar memutuskan akan mengusung kembali Arinal Djunaidi sebagai gubernur pada Pilgub 2024 mendatang.

“Atas dasar itu, kami yakin rakyat menginginkan Arinal Djunaidi menjadi Gubenur Lampung dua periode. Keputusan mengusung ketua DPD I menjadi calon gubernur Lampung sudah final,” tegasnya. (tim/red)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved