logo pembaruan
list

Hari ini 4 Balon DPD RI Daftar ke KPU, Total 14 Pendaftar

Facebook
Twitter
WhatsApp
  • Tulus dan Farah Fokus Pada Buruh
  • Jihan dan Devi Soroti Infrastruktur

 

PEMBARUAN.ID – Empat bakal calon (Balon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Lampung mendaftar ke KPU setempat, Kamis (11/05/2023).

Keempatnya adalah Farah Amalia, Tulus Purnomo, Devi Siswandani dan Jihan Chalim Nurlela. Dengan mendaftarnya empat Balon DPD RI tersebut, maka total sudah 14 Balon DPD RI yang mendaftar.

Usai mendaftarkan diri, Farah Amalia kepada wartawan mengatakan, jika dirinya terpilih sebagai DPD RI, dirinya akan akan memberikan perhatian lebih terhadap seluruh elemen masyarakat, khususnya kelompok buruh, para petani, nelayan, pemuda, serta stakeholder lainya.

“Ya, dengan semangat kolaborasi saya meyakini seluruh tantangan dalam masyarakat bisa dikelola dengan baik,” kata Farah.

Farah juga menyampaikan terimakasih atas dukungan awal warga Lampung kepada dirinya dalam bentuk KTP.

“Dalam PKPU syarat minimal 3.000 dukungan berupa fotocopy KTP atau surat pernyataan dukungan, dan kami mampu mengumpulkan 10.000 dukungan yang tersebar di berbagai daerah Provinsi Lampung, kami ucapkan terimakasih” ucap Farah.

Sementara, Tulus Purnomo mengatakan, dirinya telah memiliki pengalaman kurang lebih 16 tahun di dunia politik. Sehingga, kata dia, dirinya mendapat dorongan dari berbagai kalangan, terutama kaum buruh maupun petani.

“Saya mendaftar sebagai calon DPD RI juga karena aspirasi dan juga dorongan dari teman-teman bahwa saya masih dibutuhkan berkarya bersama mereka,” kata pria yang pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Walikota Bandarlampung itu.

Berbeda dengan Farah juga Tulus, pendaftar nerkkutnya, yakni Devi Siswandani dan Jihan Nurlela Chalim mengaku akan fokus pada infrastruktur.

“Kita tahu hasil pertanian di Lampung tertinggi di nasional seperti padi, kopi, lada singkong itu harus ditunjang dengan infrastruktur pertanian, saya juga memiliki cita-cita bagi Lampung agar bisa masuk 10 provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia,” kata Devi.

Sementara Jihan Chalim mengatakan, bahwa dirinya akan tetap menyuarakan aspirasi-aspirasi yang dari masyarakat, ia turut mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan pemuda-pemudi Lampung yang berani menyuarakan aspirasinya soal infrastruktur jalan.

“Setiap kali rapat kerja saya selalu menyuarakan bagaimana di Lampung ini luar biasa bagus tetapi aksesnya tidak bisa terjangkau saya tetap menyuarakan agar bdapat menuntaskan masalah yang ada,” tuturnya.

Untuk diketahui, selain pendaftaran caleg DPD RI, pada hari ini juga terdapat pendaftaran caleg untuk DPRD Provinsi Lampung dari DPD PDI Perjuangan Lampung, lalu DPW NasDem.

Terpisah, Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Suheri yang melakukan pengawasan melekat terhadap proses pendaftaran mengatakan, Sistem Informasi Pencalonan (Silon) sebagai sistem dan teknologi informasi untuk mendukung kerja calon perseorangan (DPD) dan penyelenggara Pemilu, tidak luput dari pengawasan pihaknya.

“Bawaslu secara melekat akan menjalankan pungsinya dalam melakukan pengawasan pendaftaran, Penelitian Administrasi, dan verifikasi syarat bakal calon Anggota DPD yang di upload didalam Silon,” kata dia.

Pengawasan, lanjut Suheri, dilakukan dengan melakukan pencermatan terhadap setiap dokumen syarat pencalonan yang diserahkan oleh Bakal Calon Anggota DPD kepada KPU Lampung. (dika/tim)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved