logo pembaruan
list

3 Balon DPD RI Mendaftar, Herlambang Wacanakan Gugat MK

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Tiga bakal Calon DPD RI asal Lampung mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung, Rabu (10/05/2023).

Ketiga Balon yang mendaftar di hari ke-10 adalah H. SM Herlambang S.H, M.H, H. Supeno, S.H.I dan Almira Nabila Fauzi.

Usai mendaftarkan diri, kepada awak media, Herlambang mengaku akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konsitusi terkait Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (RI) jika nanti dirinya terpilih.

Gugatan tersebut terkait kuota kursi DPD RI yang hanya empat kursi di masing-masing provinsi. Sebab, kata dia, perwakilan rakyat harus sebanding dengan jumlah rakyat secara keseluruhan.

“Ya, saya akan gugat MK terkait jumlah kursi ini,” kata dia.

Awak media, lanjut Herlambang, juga harus mampu mengeduksi masyarakat untuk memilih calon pemimpin yang bisa bermanfaat untuk Lampung.

“Mepetnya waktu kampanye atau sosialisasi, sehingga membuat masyarakat tidak mengenal dengan baik calon yang akan di pilih, oleh karena itu peran media sangat dibutuhkan untuk mengenalkan para bakal calon,” terangnya.

Sementara, Balon DPD RI yang juga mendaftar di hari yang sama, Supeno meminta doa dan dukungan agar menjadi wakil atau penyambung lidah rakyat.

Salah satu hal yang menjadi perhatian ketika terpilih nanti, ialah sektor pendidikan. Baginya, untuk mencerdaskan anak bangsa diperlukan pendidik yang berkualitas.

“Terkait kualitas, tentu kesejahteraan guru harus diperhatikan,” ujarnya.

Selanjutnya, Balon DPD RI yang tak lain adalah putri Wakil Bupati Peringsewu priode 2017-2022, Almira Nabila Fauzi juga mendaftarkan diri.

Selepas mengajukan berkas ke KPU Provinsi Lampung, ia mengatakan, mencalonkan diri sebagai DPD RI dapil Lampung dikarenakan tidak terikat dengan partai politik manapun. DPD juga baginya bisa menyerap aspirasi masyarakat Lampung secara keseluruhan .


Fauzi Ayahanda Almira yang menghantarkan langsung proses pendaftaran mengatakan, sedikit banyak Almira sudah mempelajari politik darinya, baik dari kebiasaan sehari-hari di rumah hingga diskusi kecil-kecilan dan juga belajar dari ibunya yang juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Pringsewu.

Meski terbilang bakal calon termuda, Almira mengatakan dirinya sudah mempersiapkan diri merebut suara rakyat. Terlebih, kata dia, daftar pemilih hari ini dominan generasi milenial atau kaum z.

“Karenanya, untuk mewakili anak muda maka saya memberanikan diri mencalonkan diri sebagai DPD RI dapil Lampung,” kata dia. (dika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved