logo pembaruan
list

Masuk Tahapan CAT, Empat Calon Bawaslu Lampung Gugur

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Tim Seleksi (Timsel) pendaftaran calon anggota Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) melaksanakan tahapan tes psikologi, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, di Swiss Belhotel Lampung, Rabu (24/05/23).

Menurut anggota Timsel Raden Umar, dari 58 orang yang lulus penelitian berkas administrasi, terdapat empat pendaftar yang tidak mengikuti Computer Assisted Test (CAT), Selasa (23/05/2023).

Oleh karena itu, kata dia, keempat peserta tersebut dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti tahapan tes psikologi.

“Ya, empat orang tersebut dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya. Jadi, hanya 54 orang yang mengikuti tes psikologi pada hari ini,” tuturnya.


Test psikologi, terangnya, untuk 54 pendaftar calon anggota Bawaslu tersebut dilakasanakan dalam satu hari dan satu tempat.

Setelah merampungkan test CAT dan test psikologi, Timsel akan melakukan tahapan koreksi dan menunggu hasil CAT dari Bawaslu RI dan hasil test psikologi dari Polda Lampung.

Dari tahapan test CAT dan psikologi tersebut, akan diumumkan 16 orang yang lulus tahapan tersebut 2 Juni 2023 mendatang.

“Timsel hanya menjaring 4 kali kebutuhan untuk kuota anggota Bawaslu. Jadi akan ditetapkan 16 orang pada 02 Juni nanti yang lulus tahapan CAT dan tes psikologi. Selanjutnya ke 16 orang tersebut akan mengikuti tahapan berikutnya,” terangnya.


Diketahui, Bawaslu Provinsi Lampung hanya membutuhkan 4 orang sebagai calon anggota. Hal tersebut dikarenakan 4 orang sudah lolos pada tahapan satu. Sementara per- hari ini merupakan tahapan kedua dari pendaftaran calon anggota Bawaslu.

Saat ditanya oleh wartawan pembaruan.id mengenai materi tes psikologi, Raden Umar menyebut, hal itu sepenuhnya wewenang Polda Lampung.

“Bawaslu Ri bekerjasama dengan Kapolri untuk melaksanakan test psikologi calon anggota Bawaslu. Selanjutnya Kapolri menugaskan Polda di masing-masing daerah untuk melakukan test psikologi,” lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut Kabag Psikologi Ro SDM Polda Lampung, AKBP Endang Mustikawati, S.Psi., Psikolog menyebut, dalam tes psikologi, para peserta mengikuti tiga ujian materi, yakni tes kecerdasan, kepribadian dan sikap kerja.


Terkait materi test psikologi, lanjutnya, Polda Lampung hanya melaksanakan. Jadi yang merumuskan materi-materinya Biro Psikologi SSDM Polri. (sandika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved