logo pembaruan
list

Pusat Pengembangan Bisnis UIN RIL Meluncurkan Terobosan Baru untuk Optimalisasi Aset BMN

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Pusat Pengembangan Bisnis Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) memperkenalkan strategi baru dalam upaya meningkatkan pendapatan kampus melalui optimalisasi aset Barang Milik Negara (BMN).

Dalam sesi Rapat Kerja (Raker) 2024 di Ballroom kampus, Kepala Pusat Pengembangan Bisnis, Dr. Evi Ekawati SE MSi, mengajak seluruh unit kerja di UIN RIL untuk turut serta dalam upaya mewujudkan berbagai unit bisnis yang dapat mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan. “Mari kita manfaatkan aset BMN yang sudah ada secara optimal dan menjalin kerjasama dengan pemerintah dan swasta sebesar-besarnya,” ungkapnya.

Sebagai kampus Badan Layanan Umum (BLU), UIN RIL melalui Pusat Pengembangan Bisnis berupaya mengembangkan layanan dan memaksimalkan sumber pendanaan untuk mendukung kegiatan akademik dan non-akademik.

Respon positif diberikan oleh para peserta Raker, termasuk Ketua Senat UIN RIL, Prof. Dr. Idham Khalid MAg, yang memberikan tanggapannya terkait roadmap bisnis. “Roadmap ini akan menjadikan UIN RIL sebagai kampus BLU yang mengembangkan layanan dan memaksimalkan sumber pendanaan untuk mendukung berbagai kegiatan,” ujarnya.

Dr. Evi juga merinci berbagai unit bisnis yang telah berjalan pada tahun 2023 dan akan terus dioptimalkan pendapatannya pada tahun 2024, seperti pengelolaan Gedung Serba Guna (GSG) KH Ahmad Hanafiah, Ballroom Raden Intan, Sport Center, kios dan kantin, guest house, sepeda, lahan ATM, dan lainnya.

“Tahun ini, kami akan tetap fokus mengoptimalkan aset BMN yang sudah ada, sambil melakukan terobosan-terobosan baru untuk tahun-tahun mendatang,” tambah Dr. Evi.

Dia juga menyoroti potensi bisnis layanan jasa berbasis akademik dan umum di UIN RIL, sambil menekankan bahwa pengembangan bisnis berbasis umum, seperti kerjasama percetakan dan air minum dalam kemasan, sudah dalam tahap realisasi. Sumber pendanaan lainnya meliputi klinik, pengelolaan pusat diklat, layanan asesmen, dan dapur sehat.

Langkah-langkah pengembangan unit bisnis baru ini diharapkan dapat mendukung kemandirian kampus dalam mencapai visi dan misi UIN RIL, sehingga kampus dapat lebih mandiri secara finansial, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada kualitas pendidikan dan pelayanan kampus. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved