logo pembaruan
IMG-20240207-WA0024
list

Asyik, Mahasiswa KKN Unila Membangun Pondok Baca

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) telah meluncurkan inisiatif berupa “Pondok Baca” dalam upaya meningkatkan akses pendidikan dan literasi di Desa Mesir Ilir, Kecamatan Bahuga, Kabupaten Way Kanan.

Pondok Baca adalah sebuah fasilitas sederhana yang bertujuan menjadi tempat membaca dan meminjam buku secara gratis bagi anak-anak di desa tersebut. Program ini berlangsung dari tanggal 2 hingga 6 Februari 2024 dan berlokasi di Pondok Pesantren Messer Sakti Desa Mesir Ilir.

Melalui kolaborasi dengan kepala desa setempat, Pak Indarsyah Irba, serta dukungan dari masyarakat dan pengurus pondok, program ini berhasil direalisasikan.

Pimpinan Pondok Pesantren Messer Sakti, Ustadz Wahyudi, menyatakan bahwa Desa Mesir Ilir masih sangat minim dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, tujuan utama dari Pondok Baca ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM di wilayah tersebut dan menggalakkan kegiatan literasi dan edukasi di kalangan anak-anak dan generasi muda.

Masyarakat setempat turut aktif dalam pembangunan Pondok Baca, terutama para ustadz di Pondok Pesantren Messer Sakti, seperti Ustad Wahyudi dan Ustad Artidi, serta Kepala Desa Messer Sakti, Indarsyah Irba, S.H.

Tim pelaksana KKN yang meluncurkan inisiatif ini terdiri dari koordinator M. Abror Zaky, dan anggota tim seperti Sisca Nabila Fellainy, Najwa Alfara Rullyanti, Sisca Ella Sirait, Chrisna Sianturi, dan Shinta Puspita.

Pondok Baca ini diharapkan dapat menjadi program berkelanjutan yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat. Kolaborasi dengan pengurus pondok memastikan keberlanjutan program ini, dengan jadwal kegiatan rutin setelah sholat maghrib, serta penggunaan buku daftar hadir sebagai alat penunjang.

“Kami dari KKN Desa Mesir Ilir sangat berharap sedikit bantuan kami ini bisa bermanfaat dalam membantu adik-adik dalam kegiatan literasi dan edukasi dalam membentuk insan akademis yang cerdas, kritis, dan mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu perwujudan dari Indonesia Emas 2045,” ucap M. Abror Zaky selaku koordinator.

Dengan fokus pada pembangunan SDM melalui kegiatan literasi dan edukasi, Pondok Baca ini menjadi tonggak penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved