logo pembaruan
list

Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran Unila Gelar Pendampingan Teknis Profesi Apoteker

Facebook
Twitter
WhatsApp

 

PEMBARUANID – Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (FK Unila) menggelar kegiatan Pendampingan Teknis Pembukaan dan Kurikulum Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Jurusan Farmasi FK Unila, Selasa, 2 April 2024.Acara ini dilaksanakan gelar di Aula Gedung Utama Fakultas Kedokteran Unila.

Penyelenggara kegiatan menghadirkan narasumber Dr. apt. Shaum Shiyan, M.Sc., yang merupakan dosen sekaligus Ketua Program Studi PSPPA FMIPA Unsri Palembang.

Kegiatan diikuti peserta yang merupakan dosen dan tenaga kependidikan Jurusan Farmasi FK Unila sejumlah 15 orang. Acara dibuka secara daring oleh Dekan FK Unila Dr. dr. Evi Kurniawaty, M.Sc.

Kegiatan turut dihadiri secara luring Ketua Senat FK Unila Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, M.Kes., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama FK Unila dr. Oktafany, M.Pd.Ked., dr. Razmi Zakiah Oktarlina, M.Farm., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, koordinator bagian dan subkoordinator subbagian fakultas, serta secara daring Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan dr. Roro Rukmi Windi Perdani, SpA(K)., M.Kes.

Pendampingan Teknis Pembukaan dan Kurikulum PSPPA Jurusan Farmasi FK Unila ini bertujuan untuk memberikan informasi serta pengalaman Jurusan Farmasi FMIPA Unsri dalam mendirikan PSPPA kepada Tim Pendirian PSPPA Farmasi FK Unila.

Selain itu, kegiatan merupakan bagian dari implementasi perjanjian kerja sama terkait peningkatan dan pengembangan kualitas pelaksanan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat antara FK Unila dan FMIPA Unsri.

Terdapat enam ruang lingkup kerja sama yang terjalin di antaranya mencakup bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat; publikasi dosen dan mahasiswa; pengelolaan jurnal ilmiah yang meliputi pertukaran naskah ilmiah, editor dan reviewer; mobilisasi dosen sesuai kepakaran atau kompetensi; implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM); kegiatan peningkatan prestasi kemahasiswaan.

Dr. apt. Shaum Shiyan, M.Sc., menyambut baik dan mengapresiasi inisiatif tim dosen persiapan PSSPA Jurusan Farmasi FK Unila dalam menyelenggarakan kegiatan pendampingan teknis ini. “Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat serta semangat motivasi bagi tim dosen PSSPA,”

Dekan FK Unila, Prof. Dr. dr. Maulan A. P. Sari, M.Med., Sp.A., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas apoteker dalam melaksanakan program PSPPA.

“Apoteker memiliki peran penting dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan psikotropika. Oleh karena itu, mereka perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai,” ujar Prof. Maulan.

“Para peserta akan mendapatkan materi tentang regulasi terkait PSPPA, cara mengenali tanda-tanda penyalahgunaan psikotropika, dan cara memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan psikotropika,” jelas [Nama Ketua Panitia].

Kegiatan pendampingan teknis PSPPA ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian dan membantu mengurangi angka penyalahgunaan psikotropika di Indonesia.

Universitas Lampung (Unila) selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membantu pemerintah dalam melaksanakan program-program kesehatan. Hal ini dapat menjadi informasi bagi masyarakat tentang kegiatan pendampingan teknis PSPPA yang diinisiasi oleh Jurusan Farmasi FK Unila. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved