logo pembaruan
list

Upacara Melasti di Danau Tirta Gangga Dijaga Ketat Polres Lamteng

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Pagi tadi, Danau Tirta Gangga, Kampung Swastika Buana dipenuhi dengan kekhidmatan saat umat Hindu melaksanakan ritual suci, Upacara Melasti, untuk menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946.

Kegiatan yang diawali oleh ratusan umat Hindu ini diselenggarakan dalam suasana yang aman dan kondusif berkat keterlibatan puluhan personel dari Polres Lampung Tengah.

Menurut Kabag Ops Kompol H.D Pandiangan, S.H., M.H, pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan ketertiban selama pelaksanaan Upacara Melasti.

“Kami turut mengamankan jalannya upacara ini bersama dengan instansi terkait untuk memastikan situasi tetap kondusif dan menjaga keamanan serta kelancaran upacara,” ujarnya.

Tidak hanya melibatkan personel Polres dan Polsek, namun juga terjadi sinergi antara TNI, Satpol PP, Pecalang, Banser, dan Linmas dalam pelaksanaan pengamanan ini.

Kabag Ops menekankan bahwa dengan pengamanan yang ketat, diharapkan dapat mencegah gangguan Kamtibmas sehingga umat Hindu yang hadir dapat menjalankan ibadahnya dengan aman, nyaman, dan tenang.

Upacara Melasti merupakan bagian dari ritual pembersihan umat Hindu menjelang perayaan Nyepi. Dalam upacara ini, umat Hindu membawa barang dan perlengkapan suci ke perairan untuk melakukan penyucian.

Diselenggarakannya Upacara Melasti oleh PHDI Kabupaten Lampung Tengah setiap tahunnya diikuti oleh ribuan umat Hindu dari berbagai daerah, memperkaya nilai keagamaan dan budaya lokal. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved