logo pembaruan
list

75 Mahasiswa Unila Dapat Beasiswa GenBI

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Melalui Program Generasi Baru Indonesia (GenBI), Bank Indonesia (BI) memberikan beasiswa kepada 75 mahasiswa Universitas Lampung (Unila).

Kepastian tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) Beasiswa Bank Indonesia, First Meet GenBI dan Kick Off  implementasi QRIS yang ditandatangani di kantin Universitas Lampung, Kamis (04/05/2023).

Seremoni penyerahan beasiswa dilakukan Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung, Budiyono kepada perwakilan mahasiswa di Gedung A.1 Fakultas Pertanian (FP) Unila.

Acara penyerahan turut disaksikan Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni, jajaran pimpinan FP Unila, kepala perwakilan BI Provinsi Lampung, pimpinan cabang BRI Lampung, komisioner GenBI, dan ketua GenBI Lampung.

Setiap mahasiswa penerima beasiswa BI akan mendapatkan uang sebesar Rp1 juta per bulan yang akan dibayarkan enam bulan sekali dalam dua kali termin melalui bank yang ditunjuk BI yakni BRI.

“Pemberian beasiswa BI bagi GenBI Unila merupakan implementasi dari perjanjian kerja sama antara Unila dan BI yang ditandatangani bersama pada kesempatan tersebut,” kata Budiyono.

Budiyono menyampaikan, sebagai salah satu lembaga negara, pemberian beasiswa BI merupakan salah satu tugas yang diamanatkan dalam konstitusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Bank Indonesia mendukung leading sector di bidang pendidikan seperti Universitas Lampung, Kemdikbudristek, dan universitas-universitas lainnya, termasuk pemerintah daerah,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Prof. Lusmeilia juga menyampaikan, motivasi bagi mahasiswa penerima beasiswa agar mereka dapat memanfaatkan momen langka ini dengan baik dan amanah.

“Program beasiswa Bank Indonesia sudah berlangsung sejak tahun 2011 yang setiap tahunnya selalu mengalami perkembangan. Unila merupakan universitas penerima program beasiswa Bank Indonesia pertama di Provinsi Lampung,” kata dia.

Selain memberikan beasiswa, BI dan BRI melakukan Kick Off implementasi QRIS di kantin Unila pada kesempatan yang sama.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan financial literacy dan digital payment literacy mahasiswa serta sebagai satu wadah pembinaan dalam melatih kemampuan berbisnis mahasiswa melalui Koperasi Mahasiswa (Kopma) Unila dan kantin sekitar kampus.

“Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap proses pembangunan nasional di masa depan,” ujarnya.

Universitas Lampung, tambah dia, bangga bisa berkolaborasi dengan Bank Indonesia dan berharap Bank Indonesia dapat terus meningkatkan kerja sama untuk memberikan manfaat bagi generasi mendatang. (tim/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved