Menkominfo Pantau Kualitas Jaringan Internet Jelang Mudik Lebaran
list

Menkominfo Pantau Kualitas Jaringan Internet Jelang Mudik Lebaran

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi dan internet selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Hal ini disampaikannya dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI, Jumat (22/3/2024).

“Trafik data pengguna layanan telekomunikasi diprediksi meningkat 7 hingga 20 persen menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah,” ujar Menkominfo.

Menkominfo menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipatif untuk mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, di antaranya:

  • Optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan: Kominfo bekerja sama dengan operator telekomunikasi untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan di area-area strategis, seperti terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandar udara.
  • Peningkatan kapasitas jaringan internet: Kapasitas jaringan internet di sepanjang jalur mudik juga akan ditingkatkan untuk memastikan kelancaran komunikasi dan akses internet bagi para pemudik.
  • Pengukuran drive test di jalur mudik: Tim Kominfo akan melakukan pengukuran drive test di jalur mudik untuk memetakan potensi gangguan jaringan dan memastikan kualitas layanan telekomunikasi.
  • Pengadaan Posko Mudik dan Call Center: Posko Mudik dan Call Center akan didirikan selama 24 jam selama tujuh hari untuk melayani pengaduan dan membantu mengatasi gangguan jaringan.

Menkominfo juga meminta operator telekomunikasi untuk menyiapkan command center dan call center yang dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah.

“Jika ada keluhan mengenai gangguan jaringan internet, masyarakat dapat menyampaikannya ke call center atau command center yang telah disediakan oleh operator telekomunikasi,” tegas Menkominfo.

Lebih lanjut, Menkominfo menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan layanan telekomunikasi secara bijak selama mudik Lebaran.

“Mari kita gunakan layanan telekomunikasi dengan bijak dan bertanggung jawab agar jaringan internet dapat berjalan lancar dan dinikmati oleh semua pemudik,” pungkasnya. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved