elon musk
list

Google Dikecam Elon Musk atas Representasi Kulit Tokoh Sejarah

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Kontroversi memuncak di dunia teknologi ketika Google, raksasa mesin pencari, terlibat dalam kritik terhadap produk kecerdasan buatannya, Gemini. Produk ini, yang menggunakan kecerdasan buatan (AI), mendapat sorotan setelah dilaporkan menghasilkan foto tokoh sejarah dengan kulit hitam atau sawo matang, meskipun tokoh tersebut aslinya berkulit putih.

Salah satu yang tidak terima dengan hal tersebut adalah miliarder dan pemilik Twitter, Elon Musk. Melalui akun Twitter-nya, Musk mengecam keras produk AI generatif Google, menyebutnya sebagai bukti dari sikap rasisme dan anti-peradaban yang dipertontonkan oleh perusahaan teknologi terbesar di dunia ini.

“Saya senang Google terlalu berlebihan dalam menghasilkan gambar AI, karena hal itu membuat program mereka yang rasis dan anti peradaban menjadi jelas untuk semua orang,” ungkap Musk dalam sebuah cuitan yang dikutip dari India Today, pada Minggu (25/2/2024).

Menyusul tekanan dan kritik yang datang dari berbagai pihak, Google akhirnya angkat bicara. Perusahaan tersebut mengakui bahwa produk Gemini memang memiliki kelemahan dalam menghasilkan representasi yang akurat. Jack Krawczyk, Senior Director of Product Management for Gemini Experiences di Google, menyatakan kesadaran akan masalah ini dan menegaskan komitmen perusahaan untuk memperbaiki akurasi produk AI generatifnya.

“Kami menyadari bahwa Gemini menawarkan ketidakakuratan dalam beberapa penggambaran pembuatan foto sejarah, dan kami berupaya untuk segera memperbaikinya,” kata Krawczyk.

Sebagai langkah pertama untuk menanggapi masalah ini, Google memutuskan untuk menghentikan sementara kemampuan Gemini dalam menghasilkan foto AI. Mereka berjanji untuk merilis kembali versi yang diperbaiki dari produk tersebut dalam waktu yang tidak lama lagi.

Keputusan ini diharapkan dapat mengatasi kontroversi yang sedang berlangsung dan memberikan solusi yang lebih baik serta representatif dalam pengembangan teknologi kecerdasan buatan di masa depan. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved