logo pembaruan
list

Ijtima Ulama Nusantara; Muhaimin Capres 2024

Facebook
Twitter
WhatsApp

Dorong Gerindra Tentukan Pasangan Capres-Cawapres

PEMBARUAN.ID – Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar, menjadi satu-satunya nama Capres atau Cawapres yang ditekomendasi oleh Ulama Nusantara untuk maju Pilpres 2024.

Nama Gus Muhaimin direkomendasi para ulama lantaran dinilai memenuhi kreteria yakni cerdas, amanah, dan memiliki kemampuan komunikasi kepada publik yang lebih transparan.

“Ijtima Ulama Nusantara ini menghasilkan keputusan, mendorong Gus Muhaimin untuk menjadi Capres atau Cawapres Pemilu 2024 dan segera menentukan pasangannya,” kata Waketum PKB Jazilulul Fawaid, Sabtu (14/01/2023).

Kemudian, lanjut Jazil, lantaran para ulama mendorong agar pasangan Capres atau Cawapres segera ditentukan dan partainya sudah berkoalisi dengan Gerindra, karena itu, PKB bakal mendorong Partai Gerindra untuk segera menentukan sosok capres-cawapres.

“Para kiai mendorong agar Gus Muhaimin segera memastikan pasangannya. PKB memang telah berkoalisi dengan Gerindra. Ya, kita akan dorong Gerindra permintaan para kyai”.

Sementara, Wakil Sekretaris Dewan Syura DPP PKB KH Maman Imanul Haq yang juga ikut dalam Ijtima Ulama Nusantara mengatakan, selain menentukan sejumlah kriteria capres dan cawapres yang layak diusung pada 2024, Ijtima Ulama Nusantara juga menargetkan kemenangan PKB pada Pilpres 2024.

“Para kiyai meminta agar PKB masuk dalam tiga besar partai yang memeroleh suara terbanyak. Forum para kiyai juga menginginkan agar PKB bisa mendapatkan 100 kursi di parlemen pada Pemilihan Legislatif 2024,” kata dia.

Keputusan selanjutnya, Itjima Ulama Nusantara sepakat akan menjadi forum yang mewadahi seluruh kiyai dan ibu nyai, dan da’i seluruh Indonesia yang menaruh perhatian terhadap perpolitikan di Indonesia.

“Forum ini akan menjadi waduh bersilahturahmi dan adu gagasan serta pikiran,” ujarnya.

Ijtima Ulama Nusantara ini digelar sejak Jumat, 13 Januari 2023 dan selesai pada Sabtu, 14 Januari 2023 di Jakarta.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam Ijtima Ulama Nusantara antara lain, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, hingga Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Di daerah, sejumlah pengurus dan tokoh PKB mendukung penuh terselenggaranya Ijtima Ulama Nusantara. Di Lampung misalnya, Wakil Ketua DPW PKB Lampung H Noverisman Subing menyatakan dukungan atas terselenggaranya Ijtima Ulama Nusantara.

“Sudah saatnya semua bergerak untuk kemenangan, demi Indonesia lebih baik,” singkatnya. (tim/red)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved