logo pembaruan
list

Kenali Gejala Kanker Sejak Dini

Facebook
Twitter
WhatsApp

 

Kanker merupakan penyakit yang menakutkan dan dapat menyerang siapa saja. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui gejala-gejala awal kanker agar dapat segera diobati.

Deteksi dini kanker sangatlah penting untuk meningkatkan peluang kesembuhan. Semakin cepat kanker didiagnosis dan diobati, semakin besar peluang untuk sembuh total.

Berikut adalah beberapa gejala kanker yang harus diwaspadai:

1. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas

Penurunan berat badan yang signifikan tanpa melakukan diet atau olahraga bisa menjadi salah satu tanda awal kanker. Hal ini terjadi karena sel-sel kanker menggunakan energi tubuh untuk pertumbuhannya.

2. Kelelahan yang berlebihan

Rasa lelah yang tidak kunjung hilang meskipun sudah beristirahat cukup bisa menjadi indikasi adanya kanker. Kelelahan ini disebabkan oleh kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

3. Demam yang tidak kunjung sembuh

Demam yang tidak kunjung sembuh selama beberapa minggu atau lebih bisa menjadi tanda adanya infeksi atau kanker. Pada kasus kanker, demam biasanya disertai dengan gejala lain seperti kelelahan, penurunan berat badan, dan keringat malam.

4. Nyeri yang tidak terjelaskan

Nyeri yang tidak kunjung hilang atau semakin parah seiring waktu bisa menjadi tanda adanya kanker. Nyeri ini dapat terjadi di bagian tubuh manapun, tergantung pada lokasi kanker.

5. Perubahan pada kulit

Perubahan pada kulit seperti munculnya tahi lalat baru, luka yang tidak kunjung sembuh, atau perubahan warna kulit bisa menjadi tanda adanya kanker kulit.

6. Perubahan pada kebiasaan buang air besar atau kecil

Perubahan pada kebiasaan buang air besar atau kecil seperti diare, sembelit, darah dalam tinja, atau sering buang air kecil bisa menjadi tanda adanya kanker pencernaan atau kandung kemih.

7. Batuk yang tidak kunjung sembuh

Batuk yang tidak kunjung sembuh selama beberapa minggu atau lebih bisa menjadi tanda adanya kanker paru-paru. Batuk ini biasanya disertai dengan dahak berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

8. Suara serak yang tidak kunjung sembuh

Suara serak yang tidak kunjung sembuh selama beberapa minggu atau lebih bisa menjadi tanda adanya kanker tenggorokan.

9. Sulit menelan

Kesulitan menelan makanan atau minuman bisa menjadi tanda adanya kanker tenggorokan atau kerongkongan.

10. Pembengkakan di kelenjar getah bening

Pembengkakan di kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan bisa menjadi tanda adanya kanker.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang yang mengalami gejala-gejala ini pasti mengidap kanker. Namun, jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved