logo pembaruan
list

Jumlah Pendaftar SBNT Unila Meningkat Tajam, Tembus 37.625 Peserta

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Jumat, 5 April 2024, pukul 15.00 WIB, pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024 di Universitas Lampung (Unila) ditutup.

Data yang dirilis oleh Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., menunjukkan lonjakan signifikan dalam jumlah pendaftar.

Jumlah pendaftar SNBT Unila tahun ini mencapai 37.625, meningkat 30,82 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sejumlah 28.759.

Dari total pendaftar, 34,85 persen memilih Unila sebagai pilihan pertama, 35,38 persen sebagai pilihan kedua, 16,13 persen sebagai pilihan ketiga, dan 13,65 persen sebagai pilihan keempat.

SNBT menjadi jalur seleksi dengan persentase daya tampung terbesar di Unila, mencapai 54,47 persen dari total keseluruhan, yaitu 9.815 tempat.

“Program studi ilmu hukum, manajemen, PGSD, ilmu komunikasi, dan akuntansi menjadi lima besar program studi S-1 dengan peminat terbanyak di bidang soshum,” kata dia.

Sementara itu, jelas dia, pendidikan kedokteran, farmasi, teknik informatika, ilmu komputer, dan teknik sipil menjadi lima besar peminat terbanyak di bidang saintek.

SNBT merupakan sistem seleksi nasional yang dikelola oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri (PTN).

“Pada tahun 2024, peserta dapat memilih hingga empat program studi sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Ia mengimbau agar para pendaftar segera mencetak kartu peserta ujian, memeriksa jadwal ujian, dan melakukan pengecekan lokasi ujian satu hari sebelum pelaksanaannya.

“Tim PMB Unila juga akan menyediakan peta dan video lokasi ujian serta memberikan informasi terkait persiapan yang harus dibawa saat ujian melalui laman resmi penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unila,” tuturnya.

Sementara Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, DEA., IPM., ASEAN Eng., Rektor Unila, menyambut baik peningkatan jumlah pendaftar.

Menurutnya, hal ini mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Unila sebagai salah satu PTN favorit.

Diketahui, pelaksanaan UTBK bagi peserta SNBT 2024 akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama akan dilakukan pada 30 April 2024, dan 2 – 7 Mei 2024.

Sedangkan gelombang kedua akan berlangsung pada 14 – 20 Mei 2024. Jumlah peserta yang akan mengikuti tes UTBK di Unila dilaporkan mencapai 16.781 peserta. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved