logo pembaruan
list

Nasdem Berpeluang Usung Balonkada Eksternal

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Partai Nasdem Lampung menyebut bakal calon kepala daerah yang mengikuti penjaringan akan mendapatkan rekomendasi apabila memiliki potensi yang besar untuk menang.

Partai besutan Surya Paloh itu mengutamakan Balonkada dengan popularitas dan elektabilitas tinggi. Artinya, tidak menuntut kemungkinan Balonkada dari eksternal (bukan kader) yang direkomendasi.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Tim Penjaringan bakal calon kepala daerah (Cakada) DPW Nasdem Lampung, Rahmat Husein, Jumat (17/05/2024).

Menurut Husein, DPP Partai Nasdem memiliki prinsip dalam menentukan rekomendasi Balonkada dengan prioritas kemenangan tinggi, seperti popularitas dan elektabilitas, dan lain-lain.

“Ya, siapapun Balonkada yang mampu menyakinkan DPP Nasdem berpotensi untuk menang, maka saya kira dia lah yang akan mendapatkan rekomendasi,” kata Husein, seusai acara perayaan Ultah Herman H.

Prinsipnya, jelas Husein, DPP Nasdem memutuskan rekomendasi Balonkada tersebut, menyesuaikan dengan sistem rekrutmen yang terbuka.

“Ketika orang di luar Nasdem yang dinilai mampu menang. Maka dia akan mendapatkan rekomendasi. Karena prinsipnya Nasdem ingin menang dalam Pilkada,” ujar Husein.

Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi DPW Nasdem Lampung ini menyebut terdapat 118 orang yang mengikuti penjaringan sebagai Balonkada di Partai Nasdem. 118 Cakada tersebut terbagi di tingkat Provinsi dan 15 kabupaten/kota se Lampung.

Pendaftar Balonkada terbanyak ada di Kabupaten Pringsewu sejumlah 12 orang. Pendaftar tersebut terbagi dari 8 balon Bupati dan 4 Wakil Bupati.

Husein menambahkan di setiap kabupaten/kota se Lampung terdapat kader Nasdem yang maju dalam Pilkada, baik Pilbup maupun Pilwakot.

“Di setiap kabupaten/kota ada kader Nasdem yang maju dalam Pilkada, baik sebagai calon bupati maupun wakil bupati. Bahkan di Mesuji terdapat tiga kader Nasdem yang maju,” Kata Husein.

Namun, kata Husein, apakah kader-kader Nasdem bakal mendapatkan rekomendasi maju dalam Pilkada, tergantung mekanisme yang ada.

Husein menambahkan dalam waktu 20 Mei – 31 Juli 2024 DPP Nasdem akan menerbitkan rekomendasi kepada Cakada yang akan diusung Nasdem dalam Pilkada. (sandika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved