list

Mahasiswa UIN Bersuara, Rektor Didesak Keluarkan Pernyataan Sikap

Facebook
Twitter
WhatsApp
Terkait Sikap Presiden dan Kabinetnya di Pemilu

PEMBARUAN.ID – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah mulai bersuara, mereka mendesak agar rektor juga menyampaikan pernyataan sikap sebagaimana yang telah dilakukan kampus besar seperti, UGM, UI, UII, UNHAS dll.

Ketua DEMA Fakultas Syari’ah Rizkbar Irfat Maulana didampingi jajarannya menyampaikan tiga poin pernyataan. Pertama, mengingatkan presiden Joko Widodo, pejabat negara, aparatur hukum dan aktor politik yang berada di kabinet presiden, untuk tetap berada pada koridor demokrasi serta mengedepankan nilai-nilai kerakyatan dan keadilan sosial.

Kedua, mendesak Rektor UIN Raden Intan Lampung untuk menginstruksikan kepada jajaran civitas akademik agar menyatakan sikap sebagaimana yang telah di lakukan oleh kampus besar lain seperti UI,UGM,UII,UNHAS dll, terkait Krisis demokrasi yang terjadi di Indonesia.

Ketiga, jika dalam waktu 2 x 24 jam tuntutan ini tidak diindahkan pihak kampus UIN Raden Intan Lampung maka kami akan melakukan konsolidasi aksi yang lebih besar.

“Pernyataan sikap ini dilakukan karena kita melihat sistem demokrasi di Indonesia hari ini mengalami degradasi yang sangat luar biasa,” kata Rizkabar.

Dalam video yang diterima pembaruan.id, Minggu (04/02/2024) Rizkbar menuturkan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menggunakan instrumen Negara untuk keberpihakan kelompoknya sendiri.

“Maka dari itu kami merasa perlu untuk mengingatkan seluruh civitas akademik kampus kami, UIN Raden Intan Lampung untuk segera menyatakan sikap,” tuturnya.

Apabila pernyataan sikap tersebut tidak diindahkan, tegas dia, maka pijaknya akan melakukan konsolidasi aksi yang lebih besar.

“Ya, kita akan gelar aksi besar-besaran jika pernyataan sikap kami tidak diindahkan,” tutupnya. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved