logo pembaruan
list

Lusa, Seleksi Bawaslu se-Lampung Dibuka, Yuk Daftar!

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Tim seleksi Bawaslu Kabupaten/Kota se Lampung mensosialisasikan tahapan seleksi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) 15 kabupaten/kota di Ballroom Emercia Hotel, Sabtu (27/05/2023).

Timsel yang terbagi III zona itu, mempersilahkan seluruh warga yang memenuhi syarat untuk memdaftarkan diri 29 Mei hingga 7 Juni 2023.

Ketua Timsel Zona I Dr Bambang Suhada memaparkan tahahapan seleksi yang akan diikuti oleh para calon anggota Bawaslu, mulai dari pendaftaran hingga tahapan ahir, yakni penetapan anggota sesuai kuota.

Ini kuota kebutuhan anggota Bawaslu :

Ini syarat mendaftar sebagai calon anggota Bawaslu :

Dalam sosialisasi yang dimoderatori oleh salah seorang Timsel Zona I Rozali Umar itu menghadirkan Ketua Timsel Zona 1 Dr Bambang Suhada, Ketua Timsel Zona 2 Prof Dr Hamzah, dan Ketua Timsel Zona 3 Dr Muhtadi.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan timsel zona 1,2,3 perbaikan berkas bakal calon pada 8-10 Juni 2023. Hasil penelitian seleksi berkas administrasi akan diumumkan pada 20 Juni mendatang.

Sedangkan tes tertulis calon anggota Bawaslu diselenggarakan pada 21-23 Juni, tes psikologi pada 26-28 Juni. Lalu pengumuman hasil tes tertulis dan tes psikologi pada 3 Juli.

Timsel juga membuka kesempatan terhadap masukan dan tanggapan masyarakat pada 20 Juni-7 Juli. “Dengan ketentuan harus jelas pengirimnya bukan surat bodong,” kata Dr Bambang Suhada.

Selanjutnya untuk tes kesehatan pada 4 – 6 Juli, tes wawancara 7-13 Juli dan hasilnya akan diumumkan pada 17 Juli. Baru kemudian uji kepatutan dan kelayakan pada 27 Juli-2 Agustus, pengumuman calon anggota terpilih pada 12 Juli. Mereka yang terpilih sebagai komisioner Bawaslu zona 1,2,3 akan dilantik pada 14-16 Agustus 2023. (tim/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved