logo pembaruan
list

Konferkab VIII PWI Lampura; Meretas Jalan Menuju Jurnalisme Independen

Facebook
Twitter
WhatsApp

DI TENGAH hiruk pikuk agenda politik dan pembangunan di Lampung Utara, sebuah pertemuan yang berlangsung di Gedung Korpri Pemkab setempat, Senin (4/3/2024), menarik perhatian khusus.

Ya, Konferensi Kabupaten (Konferkab) VIII Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Utara bukan sekadar ajang berkumpulnya para wartawan, melainkan sebuah momentum penting dalam menentukan arah kebijakan media di daerah tersebut untuk tiga tahun ke depan.

Kehadiran figur-figur penting seperti Kabid Humas Polda Lampung Kombes. Pol. Umi Fadilah Astutik, Bupati Lampung Utara, dan unsur Forkopimda menandai betapa pentingnya acara tersebut.

Di sisi lain, pergantian kepemimpinan di tubuh PWI Lampung Utara periode 2024-2027 menjadi sorotan utama, mengingat peran media dalam membentuk opini publik dan mengawal demokrasi.

Penelusuran pembaruan.id, terungkap bahwa kegiatan konferensi ini lebih dari sekedar pemilihan ketua baru. Ada harapan besar yang dibebankan pada PWI untuk menjadi pilar integritas dan martabat, di tengah era di mana tantangan terhadap independensi media semakin kompleks, mulai dari tekanan politik, ekonomi, hingga tantangan adaptasi dengan teknologi digital.

Kabid Humas Polda Lampung, mewakili Kapolda, tidak hanya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan konferensi, tetapi juga menyoroti pentingnya peran PWI dalam mendorong pembangunan daerah Lampung Utara.

Hal ini mengindikasikan bahwa keberhasilan media dalam menjaga integritas dan profesionalisme tidak hanya penting bagi lingkup internal mereka sendiri tetapi juga bagi pemerintah daerah dan masyarakat luas.

Pernyataan Kabid Humas tersebut menimbulkan pertanyaan lebih dalam: bagaimana PWI Lampung Utara di masa mendatang dapat mengatasi tantangan tersebut? Siapakah yang akan terpilih sebagai Ketua baru, dan bagaimana ia akan membawa organisasi ini menghadapi dinamika sosial politik yang kian berubah?

Melalui serangkaian wawancara dengan beberapa peserta konferensi, terungkap adanya optimisme bahwa pemimpin baru PWI Lampura akan mampu membawa angin segar bagi jurnalisme di wilayah itu.

Namun, di sisi lain, ada juga kekhawatiran mengenai potensi tekanan dan intervensi yang bisa mempengaruhi independensi PWI.

Pembaruan.id juga mencoba menelusuri lebih jauh tentang rencana dan strategi PWI Lampung Utara dalam menghadapi tantangan tersebut.

Meskipun banyak yang optimis, tetap ada tugas berat yang menanti di depan, baik bagi ketua baru maupun bagi anggota PWI itu sendiri, dalam menjaga marwah jurnalisme yang independen dan bertanggung jawab.

Pemilihan ketua PWI Lampung Utara tidak hanya sekedar pergantian pengurus, melainkan juga sebuah momentum untuk meneguhkan kembali komitmen terhadap profesionalisme jurnalistik di tengah arus informasi yang semakin deras dan kompleks.

Bagaimana PWI Lampung Utara mengemban amanah ini, hanya waktu yang akan menjawab. (Ar)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved