list

Hati-Hati Marak Penipuan Hibah Masjid Beredar, Catut Nama Gubernur dan Sekda

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Masyarakat Lampung dihimbau hati-hati, terutama pengurus masjid. Pasalnya, baru-baru ini terjadi penipuan berdalih hibah untuk masjid mengatasnamakan Gubernur Lampung Arinal Dhunaidi dan Sekdaprov Fahrizal Darminto.

Ya, pencatutan nama Gubernur dan Sekda terungkap usai Pengurus Masjid Al Iman Dusun Kampung Baru, Kelurahan Batuputuk Bandarlampung dihubungi melalui pesan WhatsApp.

Dalam pesan tersebut, disebutkan sekda atas perintah Gubernur akan memberikan dana hibah Rp200 juta. Bantuan ini diberikan dalam 4 termin bantuan hibah.

Dalam pesan tersebut dijelaskan, termin pertama Rp20 juta, ke 2 Rp40 juta, termin 3 Rp60 juta dan termin 4 sebesar Rp80 juta.

Dikutip dari rilisid, penipu mengirimkan bukti pengiriman transfer ke rekening pengurus masjid sebesar Rp30 juta. Namun tak lama meminta dikirimkan kembali uang tersebut dengan alasan salah transfer. Pengirim tersebut bernama Sandi Setiadi

Setelah dikirimkan oleh pengurus masjid Rp10 juta, tak lama kembali dikirimkan bukti uang masuk dari penipu tersebut sebesar Rp50 juta. Namun pengurus masjid harus mengembalikan 5 juta sebagai jatah milik Sekda Lampung dan 5 juta untuk Sandi Setiadi yang dinilai telah membantu proses ini.

Pengurus masjid mulai merasa aneh usai adanya desakan dari penipu yang mengatas namakan dirinya Sekda Lampung. Akhirnya pengurus masjid mengecek dana yang sudah di transfer tersebut di rekening. Namun ternyata tidak ada satu pun uang yang disebut telah di transfer masuk kedalam rekening masjid.

Atas penipuan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto menekankan bahwa dirinya dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tidak pernah memberikan tawaran yang tidak masuk akal terkait dana hibah.

“Pasti ini ada upaya penipuan. Saya himbau kepada masyarakat untuk tidak percaya dengan tawaran-tawaran yang tidak masuk akal seperti ini,” kata Fahrizal.

Fahrizal menekankan tidak pernah berkomunikasi dengan siapapun terkait dana hibah Pemprov Lampung. “Saya tidak pernah berkomunikasi dengan siapapun terkait dengan penyaluran dana hibah,” lanjut Fahrizal. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved