list

Gus Yahya dan Gusmen Diagendakan Hadiri Pelantikan PWNU Lampung

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas (Gusmen) dan Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf diagendakan bakal menghadiri pelantikan PWNU Lampung periode 2023-2028.

Ketua PWNU Lampung H. Puji Raharjo mengatakan, beberapa pengurus PBNU yang lain juga akan turut menghadiri pelantikan. Seperti Wakil Ketua Umum, Ketua PBNU, Sekretaris Jenderal dan Wakil Sekretaris Jenderal.

Selain itu, acara pelantikan ini juga bakal dihadiri oleh PCNU 15 kabupaten/kota di Lampung, Pengurus MWC NU se Lampung, Forkompinda Lampung hingga stakeholder terkait.

Puji Raharjo menyampaikan, pelantikan PWNU Lampung bakal dilaksanakan di Grand Mercure, Kota Bandarlampung, Rabu 24 Januari 2024.

Dalam momentum pelantikan ini juga, kata Puji Raharjo, PWNU Lampung sekaligus bakal melounching Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU).

“Rangkaian kegiatan kita, dimulai dari pagi untuk pelantikan. Setelah istirahat dzuhur kita bakal lounching GKMNU,” kata Puji saat diwawancarai, Rabu (17/1/2024).

Menurutnya, GKMNU ini merupakan program utama PBNU. Sementara PWNU Lampung sebagai pelaksana dari program tersebut.

Dia mengatakan, Nahdlatul Ulama memandang negara ini akan maju dimulai dari sebuah keluarga. Karena itulah gerakan keluarga maslahat ini dibentuk. Sementara sasaran dari GKMNU ini merupakan keluarga berlatar NU hingga ditingkat pedesaan.

Dia melanjutkan, GKMNU ini diharapkan bisa menciptakan kesejahteraan keluarga NU, baik secara lahir maupun batin. Secara lahir yang dimaksud, bisa memiliki kehidupan yang layak dan sejahtera secara batin dengan memiliki pemahaman dan pengamalan agama yang baik.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan secara lahir, GKMNU memiliki program pemberdayaan ekonomi, bimbangan remaja pra-nikah hingga bimbingan calon pengantin dan lain-lain,” ujar Puji.

Setelah dilaunching, kata Puji, GKMNU ini bakal langsung menjalankan program. Seperti pendampingan keluarga untuk mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR) dan pendampingan masyarakat dibidang ekonomi.

Dalam kesempatan lounching GKMNU ini bakal dihadiri oleh Satuan Tugas (Satgas) GKMNU tingkat kecamatan se Lampung atau sebanyak 1500 Satgas.

Menurutnya, GKMNU ini memiliki kepengurusan hingga ditingkat kecamatan. Mulai dari Satgas Provinsi, Kabupaten/Kota hingga Kecamatan.

Dalam kesempatan itu juga, dia turut menegaskan PWNU Lampung periode 2023-2028 memiliki tiga program prioritas. Yaitu, pendidikan, kemandirian ekonomi dan kemandirian kesehatan. (sandika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved