list

Dorong Percepatan Perluasan Jalinbar, PWI Gelar Diskusi

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Dorong percepatan perluasan Jalan Lintas Barat (Jalinbar), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung menggelar Diskusi Publik terkait kemacetan di Jalan Lintas Barat (Jalinbar).

Diskusi yang berlangsung di Lantai III Balai Wartawan Hi Solfian Akhmad, Jalan A Yani Bandarlampung, Kamis (06/10/2022) tersebut, dihadiri tiga Bupati, yakni Bupati Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus dan tujuh nasumber lainnya, diantaranya Ketua Komisi IV DPRD Lampung H Ismet Roni, Kepala BPJN Rien Marlia, Kepala Dinas BMBK Lampung Fahrizal Levi Sukmana, Dirlantas Polda Lampung Kombes Medyanta, Kadishub Lampung Bambang Sumbogo, Kepala Bappeda Lampung Mulyadi Irsan, Pengamat Transportasi Itera Ilham Malik.

Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah menjelaskan, arus lalu lintas di jalinbar saat ini cukup padat. Bahkan, sering mengalami kemacetan panjang. 
Atas dasar itu, PWI Lampung rencananya bakal menyelenggarakan diskusi publik untuk mencari solusi dalam mengatasi kemacetan di jalinbar.

“Kita mengetahui bersama, bagaimana padatnya kendaraan di jalinbar. Sehingga menyebabkan aktivitas masyarakat terganggu,” kata Wira.

Karena itu, dia berharap, pada diskusi tersebut bisa melahirkan satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut.

“Kami berharap diskusi ini bisa menggagas adanya pelebaran jalan atau solusi lainnya. Sehingga apa yang kita gelar nantinya tidak hanya obrolan saja, tapi bisa berdampak bagi masyarakat,” terangnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh narasumber dan pesert yang sudah bersedia meluangkan waktunya.
“Mudah-mudahan diskusi ini bisa melahirkan solusi dalam mengatasi kemacetan di jalan lintas barat,” terangnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Ariyadi Ahmad menyebutkan, Jalinbar bisa dikatakan dalam kondisi krodit, perjalanan dari Bandarlampung menuju Pesawaran saat ini hampir membutuhkan waktu dua jam.

“Kemarin, saja kami hampir terlambat saat mau diskusi dengan pak bupati (Pesawaran). Padahal dulu, ketika saya liputan di Pesawaran, dari Bandarlampung itu hanya membutuhkan waktu 15 menit saja,” terangnya.

Karena itu, PWI berinisiatif melaksanakan diskusi publik bertema “Macet Jalinbar; Apa Solusinya?”
Dia berharap, melalui kegiatan tersebut bisa menghadirkan solusi dalam mengatasi kemacetan. Salah satunya dengan pelebaran jalan.

“Kita tidak ingin diskusi ini hanya jadi bunyi-bunyian saja. Karenanya, hasil dari diskusi akan kita rangkum dan akan kita teruskan ke Kementrian PUPR dan Komisi V DPR RI,” pungkasnya. (tim/red/***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved