logo pembaruan
list

BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Air Laut Bakal Pasang Maksimum

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung, memberikan peringatan dini, mengenai pasang maksimum air laut di beberapa wilayah Lampung untuk beberapa hari ke depan. 

Melaui akun resminya @bmkglampung, BMKG mengumumkan peringatan dini dengan nomor : ME.01.02/023/KLMP/X/2022, dimana BMKG mempreduksi air laut akan pasang masimal di kurun waktu 26-31 Oktober 2022.

“Adanya fase bulan baru, pada 25 Oktober yang bersama dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi). Prediksi pada tanggal 29 Oktober berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang  air laut yang lebih signifikan,” jelas peringatan sini yang dikeluarkan oleh Forecaster On Duty, Meldisa Putri Maulidyah, Minggu (23/10/2022).

Ada pun, wilayah-wilayah yang diprediksi terdampak adalah wilayah pesisir, seperti Pesisir Bandarlampung, Pesisir Tanggamus, Pesisir Pesawaran dan Pesisir Timur Lampung.

Kondisi tersebut secara umum dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat dipelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta perikanan darat.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga, untuk mengantisipasi dari dampak pasang makaimum air laut, serta memperhatikan update informasi cuaca dari Stasiun Meteorologi Maritim Panjang,” tutup peringatan tersebut. (tim/red)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved