logo pembaruan
list

5 Kriteria Ini Wajib Dimiliki Balonkada Demokrat

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Partai Demokrat (PD) Lampung menekankan kepada seluruh bakal calon kepala daerah (Balonkada) yang akan diusung agar memiliki lima kriteria.

Apa saja kriteria tersebut? Dalam sambutannya pada malam keakraban dan ramah tamah bersama seluruh Balonkada se Lampung di Grand Mercure Hotel, Bandarlampung, Sabtu (01/06/2024) malam, Ketua DPD PD Lampung Edy Irawan menjelaskan, partainya memprioritaskan calon pemimpin yang memiliki tekad dan niat yang baik.

“Kemudian, mampu menjalin komunikasi dan membangun koalisi. Selanjutnya memiliki moral dan etika,” kata dia.

Selanjutnya, lanjut dia, dibutuhkan calon pemimpin yang memiliki dukungan masyarakat luas, dan yang lima memiliki cost politik (biaya politik) yang cukup.

Lima kriteria tersebut, lanjut Edy, menjadi pembahasan utama Rakerda yang digelar pihaknya.

“Selain lima kriteria itu, kedua yang dibahas dalam Rakerda adalah semua Balonkada yang mendaftar di Demokrat memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP Demokrat,” tuturnya.

Dari data DPC Demokrat se Lampung terdapat 120 Bacakada-Bacawakada yang mendaftar di partai Demokrat.

“Bila di kalkulasi dari 15 kabupaten/kota, terdapat 8 balonkada dan balonwakada di tiap -tiap kabupaten/kota,” ujarnya.

Siap Mundur dan Beri Kesempatan Kader Lain

Dalam kesempatan tersebut juga, ia sempat menyinggung rela mundur sebagai Balongub apabila calon gubernur yang lain ingin berpasangan dengan kader demokrat yang lain.

“Apabila cagub ingin berpasangan dengan kader Demokrat yang memiliki darah jawa dan trah NU, kami punya Midi. Saya siap mundur,” jelasnya.

Menurut Edy sikap rela mundur ini menunjukkan bahwa kader Demokrat lebih mementingkan kepentingan partai daripada kepentingan pribadi.

Edy berharap dengan diadakannya malam keakrabaan ini bisa mendorong terciptanya pemilu yang damai dan riang gembira.

Calon kepala daerah yang dimaksud diantaranya, balon gubernur dan wakil gubernur, balon bupati dan wakil bupati serta balon walikota dan wakil walikota. (sandika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved