Perbedaan Smart TV dan Android TV
list

4 Perbedaan Smart TV dan Android TV

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada masa kini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, mungkin masih ada banyak dari kita yang belum sepenuhnya memahami perbedaan Smart TV dan Android TV. Perlu diketahui bahwa keduanya merupakan jenis yang berbeda, dan pemahaman tentang karakteristik masing-masing dapat membantu kita membuat keputusan yang lebih bijak dalam memilih perangkat hiburan di ruang keluarga.

Smart TV sering disebut sebagai TV Internet, adalah jenis televisi yang mampu mengakses beragam program tambahan melalui internet. Dalam hal fungsionalitasnya, bisa dikatakan bahwa Smart TV seolah memiliki komputer yang tertanam di dalamnya, yang memungkinkan kita untuk menjelajahi berbagai aplikasi dan layanan online langsung dari layar televisi.

Namun ada 4 perbedaan utama antara Smart TV dan Android TV yang perlu dipahami, yaitu:

4 Perbedaan Utama Smart TV dan Android TV

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Aplikasi TV

Pertama, mari kita bahas perbedaan dalam hal aplikasi yang dapat diakses oleh keduanya. Smart TV umumnya telah dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang memungkinkan kita untuk bermain game, menonton video, serta melakukan streaming film dari platform seperti Netflix, YouTube, Facebook, dan banyak lainnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa sistem operasi pada Smart TV biasanya tidak dapat diperbarui, sehingga kita mungkin tidak dapat mengakses aplikasi terbaru.

Perbedaan Smart TV dan Android TV (1)

Sementara itu Android TV hadir dengan sistem operasi Android yang didukung oleh Google. Kelebihan utama Android TV adalah keberadaan Google Play Store, toko aplikasi yang berisi lebih dari 10.000 aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan, serupa dengan pengalaman penggunaan aplikasi pada perangkat smartphone. Jadi, jika Anda mencari beragam aplikasi dan fungsionalitas yang lebih luas pada TV Anda, Android TV dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Pembaruan Otomatis

Selanjutnya, salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuan pembaruan otomatis aplikasi. Android TV memiliki keunggulan dalam hal ini. Karena perkembangan sistem operasinya yang sangat aktif, para pengembang secara rutin mendorong pembaruan baru untuk berbagai aplikasi yang dapat kita unduh melalui Google Play Store. Dengan demikian, Android TV selalu up-to-date dalam hal pembaruan aplikasi dan sumber daya media streaming.

Sementara itu, pembaruan aplikasi pada Smart TV sering kali menjadi tugas yang lebih rumit. Meskipun pembaruan mungkin tersedia, namun karena terbatasnya konektivitas, Smart TV seringkali kesulitan untuk mendapatkan pembaruan dengan lancar. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan pengalaman yang lancar dan selalu up-to-date, Android TV dapat menjadi pilihan yang lebih cocok.

Asisten Suara

Kemudian, mari kita bicarakan tentang fitur asisten suara. Android TV memiliki keunggulan dalam hal ini berkat adanya asisten suara Google yang sudah tertanam. Dengan asisten suara ini, pengguna Android TV dapat dengan mudah melakukan berbagai tindakan, seperti mengganti saluran atau mencari program hanya dengan menggunakan suara, tanpa memerlukan perangkat input tambahan. Ini memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan TV Anda.

Sebaliknya pada Smart TV, meskipun beberapa model mendukung kontrol suara, seringkali harus menggunakan keyboard berukuran penuh untuk memasukkan teks atau perintah. Bahkan, untuk beberapa fitur yang lebih canggih, seperti pencarian konten yang akurat, perangkat tambahan seperti Amazon Alexa mungkin diperlukan. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan kemudahan penggunaan dan kontrol suara yang lebih baik, Android TV adalah pilihan yang lebih unggul.

Screen Mirroring dan Transmisi Layar

Terakhir, Android TV memiliki keunggulan dalam hal fitur screen mirroring, yang memungkinkan Anda untuk menampilkan aplikasi atau konten favorit dari perangkat Android Anda langsung ke layar TV. Ini bisa dilakukan berkat adanya Chromecast bawaan atau yang juga dikenal sebagai Google Cast. Dengan fitur ini, Anda dapat menikmati konten dari ponsel atau tablet Anda dengan mudah dan tanpa peralatan proyeksi tambahan.

Adapun, pada sebagian besar Smart TV, fitur screen mirroring tidak tersedia secara default. Untuk melakukannya, Anda mungkin perlu membeli perangkat tambahan atau mencari solusi lain yang seringkali memerlukan biaya tambahan. Dengan fitur screen mirroring yang tersedia pada Android TV, Anda dapat dengan mudah membagikan pengalaman dengan teman dan keluarga.

Kesimpulan: Mana yang Worth it untuk di Beli?

Sebagai kesimpulan, baik Android TV maupun Smart TV memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Android TV pada dasarnya adalah Smart TV yang telah ditingkatkan dengan sistem operasi Android yang kuat dan beragam aplikasi dari Google Play Store. Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal aplikasi dan pembaruan otomatis, serta kemudahan penggunaan berkat asisten suara Google yang canggih.

Sementara itu, Smart TV biasanya menawarkan performa yang lebih baik dan antarmuka yang lebih ramah pengguna, terutama jika Anda hanya membutuhkan fitur dasar dan tidak terlalu bergantung pada aplikasi tertentu. Smart TV juga dapat di-upgrade menjadi Android TV melalui perangkat tambahan seperti Android TV box, seperti Chromecast.

Keputusan tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda. Apakah Anda lebih memilih kemudahan penggunaan dan performa yang lebih baik, atau Anda menginginkan beragam aplikasi dan pembaruan otomatis yang terus-menerus? Dengan kedua jenis TV yang semakin mendominasi pasar, Anda memiliki beragam opsi untuk memenuhi kebutuhan hiburan Anda. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan dengan cermat sebelum membeli TV baru Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved