logo pembaruan
list

Daftarkan Bacaleg di Hari Terahir, PBB Akui Gagap Sipol

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Hari terakhir pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD RI Provinsi Lampung, Partai Bulan Bintang (PBB) antarkan berkas 85 Bacalegnya di KPU setempat, Minggu (14/05/2023).

Kepada wartawan, Ketua DPW PBB Lampung Yanuar Syarif mengatakan, partai yang dipimpinnya mendaftarkan 100 persen Bacaleg di tingkat provinsi.

Kendati demikian, ia memgakui jika partainya mengalami kekosongan Bacaleg di beberapa kabupaten, seperti Lampung Timur, Lampung Tengah, dan Lampung Barat. Sementara di 12 kabupaten lainnya PBB mendaftarkan Bacalegnya 100 persen dari kuota yang tersedia.

“Dari ketiga dapil yang tidak memiliki keterwakilan tersebut, rata-rata disebabkan oleh waktu verifikasi faktual yang kurang aktif. Selain itu, SDM kurang memahami Sistem Informasi Parpol (Sipol). Belum lagi jadwal yang terlalu mepet,” kata dia.

Terkait Sipol, lanjut Yanuar, pihaknya mengakui, Sipol merupakan sesuatu yang baru dan sebenarnya bertujuan memudahkan. Akan tetapi, lanjutnya SDM-nya kurang.

“Apalagi di daerah (kabupaten) masih terdapat masalah teknis terkait Sipol,” tuturnya.

Disinggung berapa target perolehan kursi PBB, Yanuar mengatakan, pihaknya memiliki target optimis dan target realistis. Target optimis, lanjutnya, per-dapil mendapatkan 1 kursi, jadi 8 kursi dari 8 dapil yang ada.

“Untuk target realistis, untuk keadaan yang sekarang, meski masih terdapat waktu untuk perbaikan-perbaikan, pihaknya menargetkan 3 kursi di setiap kabupaten/kota, doantaranya Kota Bandarlampung, Tuba, Tubaba, dan Mesuji serta dapil Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus,” jelas dia.

Yanuar mengaku, pihaknya intens berkomunikasi dengan masyarakat, sehingga PBB optimis meraih kursi di wilayah tersebut.

Di tempat yang sama, Sekretaris DPW PBB Lampung, Jefri Trisanjaya menyampaikan, komposisi Bacaleg PBB terbagi dari 51 laki-laki dan 34 perempuan.

“Harapannya Bacaleg dari PBB bisa menjawab keluhan yang ada di masyarakat,” singkatnya. (dika)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved