logo pembaruan
list

Mandala Finance dan PJI Sukses Ciptakan Gelombang Literasi Keuangan

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) bersama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) telah berhasil meluncurkan program edukasi finansial yang bernama FILTER (FInanciaL liTERacy Program).

Program ini melibatkan 332 siswa dari 35 SMA/SMK di Padang dan Bandar Lampung, yang dilatih dalam pengelolaan dan perencanaan keuangan. Hasilnya, tercipta 317 proyek kampanye literasi keuangan yang berhasil menjangkau lebih dari 1,6 juta generasi muda di media sosial.

Melalui program ini, para siswa belajar untuk membuat keputusan finansial pribadi yang efektif dan berkelanjutan, dengan pemahaman yang mendalam tentang konsep pengelolaan keuangan, baik secara konvensional maupun syariah.

Menurut Christian Stefanus, Regional Business Manager Mandala Finance, pengetahuan dan keterampilan finansial menjadi kunci penting yang harus ditanamkan sejak dini.

Hal ini akan membantu generasi muda merencanakan strategi pengelolaan keuangan yang tepat, memberikan manfaat ekonomi optimal dalam jangka panjang, serta mendukung terwujudnya generasi muda yang terliterasi, terinklusi, dan terlindungi secara finansial.

Aprianus John Risnad, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung, menyambut baik program ini, menggarisbawahi pentingnya literasi keuangan di era digital, di mana perilaku konsumtif seringkali dominan di kalangan generasi muda.

Dr. Sulpakar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, juga menyambut baik program ini sebagai wadah yang tepat untuk membudayakan praktik literasi keuangan di kalangan siswa, dengan harapan menciptakan generasi muda yang lebih stabil secara finansial di masa depan.

Program FILTER tidak hanya memberikan pemahaman tentang prinsip dan konsep keuangan, tetapi juga instrumen finansial baik konvensional maupun syariah. Melalui serangkaian pembelajaran berbasis aktivitas, para siswa dieksplorasi tentang berbagai topik finansial fundamental, termasuk pengelolaan pendapatan, anggaran, tabungan, investasi, dan manajemen risiko.

Menurut Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, keterampilan finansial yang didapat dari program ini menjadi aset berharga bagi para siswa, membantu mereka mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih stabil secara finansial.

Berakhirnya pelaksanaan FILTER juga menandai selesainya tahun pertama dari inisiatif “Tumbuh Bersama Masyarakat Indonesia”, yang telah memberdayakan 51 UMKM Kota Padang dalam meningkatkan produktivitas bisnis melalui digitalisasi, serta mendukung pengembangan fasilitas Community Digital Learning Center Pemerintah Kota Padang.

Mandala Finance berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved