list

CFO HVA Netherland Kunjungi Gedung PTPN I Regional 4

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Kantor Regional 4 PT Perkebunan Nusantara I yang merupakan salah satu bangunan cagar budaya nasional kembali menerima kunjungan dari mancanegara, Sabtu (06/01/2023) lalu.

Kunjungan datang dari Wouter, selaku Chief Financial Officer (CFO) PT HVA Netherland dan diterima serta didampingi langsung oleh tim Liaison Officer (LO) dari PTPN.

Wouter mengatakan kunjungannya kali ini murni karena merasa sangat tertarik dengan sejarah HVA di Indonesia. Ia pun mengaku sangat terkesan dengan kisah sejarah yang masih terjaga.

“Satu kata yang terlintas di pikiran saya adalah sangat mengesankan. Saya dapat melihat bahwasannya (sejarah) ini adalah DNA Belanda dan Indonesia, HVA dan PTPN. Saya sangat bersyukur bisa memiliki kesempatan melihat gedung PTPN I Regional 4 ini,” ungkapnya.

Ketertarikan Wouter diketahui juga terpantik pasca kunjungan kerja CEO PT HVA Netherland pada tahun 2022 silam. Kunjungan kerja kala itu dalam rangka kerja sama untuk proyek ketahanan pangan bersama dengan Kementerian Pertahanan dan Keamanan.

Wouter terlihat menikmati setiap bagian gedung PTPN I Regional 4, mulai dari lobi bawah, lobi atas, bunker hingga ruang arsip yang memuat buku serta dokumen perusahaan di era HVA.

Sebagai informasi, gedung PTPN I Regional 4 (Eks PTPN XI) telah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya Indonesia yang terletak di Surabaya karena termasuk dalam bangunan heritage. Secara historis, gedung tersebut merupakan peninggalan Belanda.

Dijelaskan bahwa pemerintah kolonial Belanda kala itu memfungsikan gedung PTPN I Regional 4 sebagai kantor HVA (Haandels Vereeniging Amsterdam) Comodites Straat atau juga disebut sebagai asosiasi pedagang Amsterdam. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved