list

Ketua dan Sekretaris DK PWI Lampung Terima Pers Card Number One

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Ketua Dewan Kehormatan (DK) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Iskandar Dr Zulkarnain dan Sekretaris Zahral Mutzaini menerima Press Card Number One (PCNO) pada Perayaan Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara, Kamis (09/02/2023).

Iskandar adalah Ahli Pers Lampung yang mengawali karir jurnalistiknya di Palembang dan saat ini menempati posisi Pemimpin Redaksi Lampung Pos sejak September 2014.

Pria kelahiran Palembang, 16 Februari 1968 itu, pernah menjadi guru di SMP Muhammadiyah 3 Plaju pada 1989 sambil menyelesaikan studinya pada Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang.

Tahun 1991 ia menjajal karir barunya sebagai Wartawan Harian Umum Sumatera Express pada 1991. Selanjutnya ia dipercaya memegang jabatan pada beberapa surat kabar, di antaranya Redaktur Tabloid Barometer tahun 1993, Redaktur Pelaksana Surat Kabar Suara Rakyat Semesta tahun 1998, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Umum Media Sumatera tahun 1999.

Alumni Fakultas Tarbiyah Jurusan Tadris Biologi IAIN Raden Fatah Palembang 1990 tersehut, meraih gelar doktor pada Program Doktor Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung tahun 2018.

“Terimakasih kepada PWI Pusat yang menyematkan Pers Card Number One ini kepada saya. Ini merupakan penghargaan bagi saya, juga bagi para insan pers lainnya,” kata pemilik sapaan akrab IKZ itu.

Wartawan, menurut IKZ adalah pekerja publik. Wartawan itu, lanjutdia, pelayan masyarakat, menghubungkan kepentingan masyarakat dengan pemerintah. Tugas wartawan itu sederhana, memperjelas dan menjelaskan masasalah di tengah-tengah masyarakat.

Dengan begitu, lanjutnya, wartawan bisa membuat yang masih samar-samar menjadi terang benderang. Membuat sesuatu yang sebelumnya tidak jelas, menjadi jelas, agar mudah dipahami pembaca.

Menurut dia, tidak sempurna pengalaman wartawan apabila tidak pernah aktif di organisasi wartawan.

“Di PWI, saya bisa bertemu banyak wartawan senior. Banyak sekali hikmah bisa diambil dari para wartawan senior itu,” katanya.

Pria yang banyak belajar pada wartawan senior Bambang Eka Wijaya itu, mengakui
ia banyak belajar bagaimana membentuk karakter berpikir tenang dalam melihat persoalan yang akan diberitakan, dari empunya Buras tersebut.

Sementara Zahral Mutzaini adalah wartawan RRI dengan pangkat Pembina Tk, Golongan I IV, saat ini menempati posisi Kepala Stasiun Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Bandarlampung sejak Februari 2022.

Zahral Mutzaini sebelumnya menjabat Kepala Stasiun LPP RRI Jambi, Kepala LPP RRI Manokwari, Kepala LPP RRI Entikong 2014 – 2016, Kepala LPP RRI Lhokseumawe 2016 – 2019, Kepala LPP RRI Palu 2019 – 2020. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved