list

Angkat Tema Politik, Klasika Kembali Gelar Kuliah Ramadan

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Kelompok Studi Kader (Klasika) kembali menggelar kuliah ramadhan (Kurma) 2023, Selasa, Rabu dan Sabtu (11,12 dan 16/3/2023).

Direktur Klasika Ahmad Mufid mengatakan,
Kuliah Ramadan merupakan program rutin klasika yang di gelar setiap bulan Ramadan. Kurma adalah upaya Klasika untuk menciptakan ruang publik yang bersih dan sehat dari segala macam kekisruhan dan hiruk pikuk yang terjadi.

“Kurma akan dilaksanakan dalam tiga sesi pertemuan, yakni 11, 12 dan 16 April 2023 pukul 16.00 WIB, di Rumah Ideologi KLASIKA. “Zoon Politicon: Politik untuk kemanusiaan” menjadi tema kurma tahun ini,” kata dia.

Pihaknya, tambah dia, akan menghadirkan pembicara dengan masing-masing segmen pembicaraan, yaitu: M. Harya Ramdoni Ph.D (Perspektif Baru Peristiwa 1965), Gino Vanollie, S.Pd, M.H (Politik Kebudayaan) & Asep Sugiarto, S.Sos (Ruang Publik Masyarakat Modern).

“Tema tersebut diangkat berawal dari kegelisahan terhadap realitas sosial saat ini,” ujarnya.

Realitas politik belakangan ini, jelas dia, cenderung kepersoalan politik praktis, dengan begitu persoalan politik hanya berkutat untuk memenangkan perebutan kekuasaan semata, alhasil sikap dan tindakan yang dilakukan kerap mencinderai nilai-nilai kemanusiaan.

“Aktivitas politik mustilah mengedepankan cara-cara yang beradab dan kebijakan-kebijakan politik pun mengarah kepada kepentingan publik, bukan kepentingan personal dan kelompok tertentu,” jelas dia.

Kegiatan Kuliah Ramadhan terbuka untuk umum dan gratis. Jadi kepada seluruh masyarakat Lampung, khususnya mahasiswa dan pemuda mari hadir dan sharing informasi. Hal itu penting agar tetap menjaga nalar sehat di tengah riuhnya realitas sosial. (rls)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved