logo pembaruan
list

Kagama Lampung Bantu Korban Banjir di Bandarlampung

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Program Kagama Lampung Peduli Bencana 2024 menggelar aksi nyata dengan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Jalan Pagar Alam, Gang Cinde, Kedaton, Bandarlampung, Rabu (13/03/2024).

Sebanyak 100 paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, gula, dan mie instan disalurkan di Mushala Nuruttaqwa, Gang Cinde. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Harian Pengda Kagama Lampung, Fauzan, yang juga menjabat sebagai Ketua Kagama Lampung Peduli.

Turut hadir dalam moment tersebut, jajaran pengurus Pengda Kagama Lampung, Pengcab Kagama Bandarlampung, Lurah Kedaton Rachmat, kepala lingkungan 1, beberapa ketua RT, dan perwakilan Forum CSR Lampung, Andri Restuni⁩.

Ketua Kagama Lampung Peduli, Fauzan dalam sambutannya mengatakan, kegitan yang dilakukan pihaknya merupakan bagian dari agenda rutin yang biasa dilaksanakan setiap bulan Ramadhan.

Namun, kali ini, karena adanya bencana banjir yang melanda Bandarlampung, kegiatan tersebut diprioritaskan untuk memberikan bantuan kepada korban bencana.

“Pada hari ini, Kagama memberikan bantuan sebagai wujud tali asih. Untuk tahap awal, kami menyediakan 100 paket sembako, dan kami berharap dapat melanjutkan bantuan ini pada tahapan berikutnya,” kata Fauzan.

Lebih lanjut, Fauzan menjelaskan bahwa pembagian sembako ditujukan kepada warga korban banjir di beberapa RT, yaitu RT 04 (13 paket), RT 06 (29 paket), RT 07 (17 paket), RT 08 (11 paket), RT 10 (22 paket), dan RT 11 (6 paket).

Menurut Fauzan, Kagama Lampung memiliki program jangka pendek yang fokus pada pemberian bantuan saat terjadi bencana banjir.

Sedangkan untuk program jangka menengah, Kagama melibatkan ahli di berbagai bidang seperti hidrologi, sosiologi, dan lainnya untuk berkolaborasi dengan pemerintah kota dan kabupaten dalam upaya mengendalikan banjir secara lebih terintegrasi.

Fauzan juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengelola sungai dan sampah secara mandiri, sebagai langkah preventif untuk mengurangi risiko banjir di masa depan.

Usai pembagian bantuan, Lurah Kedaton, Rachmat, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus Kagama Lampung, sambil berharap agar kerja sama antara Kagama dan pemerintah kota dapat menghasilkan solusi yang efektif dalam mengatasi permasalahan banjir yang terintegrasi.

Ketua RT 10, Agus, juga mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan oleh Kagama Lampung, yang sangat bermanfaat bagi 22 warga korban banjir di wilayahnya.

Setelah kegiatan pembagian bantuan, pengurus Kagama Lampung melanjutkan agenda dengan mengadakan pertemuan bersama Forum CSR Lampung untuk membahas potensi kolaborasi antara kedua lembaga dalam rangka menyusun program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved