logo pembaruan
list

UPT Kearsipan Unila Gelar Bimtek Tentang Pedoman Klasifikasi dan JRA

Facebook
Twitter
WhatsApp

 

PEMBARUAN.ID – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kearsipan Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pengembangan Pedoman Klasifikasi dan Jadwal Retensi Arsip (JRA) pada Kamis, 16 Mei 2024, di Hotel Emersia, Bandar Lampung. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip di lingkungan Unila.

Kegiatan yang dibuka Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., didampingi Kepala UPT Kearsipan Unila Dr. Heru Wahyudi, S.E., M.Si., bertujuan untuk memperkuat sistem pengelolaan arsip di lingkungan Unila.

Dr. Habibullah Jimad dalam sambutannya mengatakan, pengembangan pedoman klasifikasi dan JRA Arsip merupakan fondasi utama dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip, serta untuk melindungi informasi yang sensitif dan

Bimtek ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari tenaga kependidikan di lingkungan Rektorat Unila, Fakultas, Program Studi, dan Lembaga. Narasumber pada Bimtek ini adalah Arsiparis Ahli Madya dari UIN Raden Intan Lampung, Yeni Rosmaini, S.E., M.E.I., 

Sementara itu, Yeni Rosmaini, S.E., M.E.I., dalam materinya menyampaikan bahwa JRA arsip harus disusun berdasarkan jenis arsip, nilai arsip, dan kondisi arsip. Ia juga menjelaskan bahwa JRA arsip harus ditinjau secara berkala untuk memastikan kesesuaiannya dengan kondisi terkini.

“Penyusunan JRA arsip harus dilakukan dengan cermat dan teliti, sehingga dapat menghasilkan JRA arsip yang berkualitas dan bermanfaat bagi Unila,” tutur Yeni Rosmaini.

Kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta tentang pentingnya pedoman klasifikasi dan JRA arsip. Dengan pemahaman yang baik, diharapkan para peserta dapat menerapkan pedoman klasifikasi dan JRA arsip dengan tepat di unit kerja masing-masing. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved