logo pembaruan
list

Unila Gelar Tes CBT Program Pascasarjana

Facebook
Twitter
WhatsApp

 

PEMBARUAN.ID – Universitas Lampung (Unila) menggelar tes Computer Based Test (CBT) untuk penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana (S2) dan program doktor (S3) gelombang I Tahun Akademik 2024/2025 pada hari Sabtu, 11 Mei 2024. Tes CBT ini dilaksanakan di Gedung UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Unila dengan diikuti oleh 1.033 peserta.

Tes ini dibagi dalam sesi pagi dan sesi siang serta diikuti 378 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi. Pada tes gelombang satu tahun 2024/2025 ini, Unila membuka 44 program studi, yaitu 35 program studi magister (S-2), 8 program studi doktor (S-3), dan 1 program studi spesialis. Program studi ilmu hukum menjadi program studi dengan jumlah peserta terbanyak, yaitu 62 peserta.

Pelaksanaan tes CBT diawali dengan apel persiapan yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unila, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.T., M.T., mewakili Rektor Unila, Dalam apel tersebut, ia menyampaikan beberapa arahan kepada para peserta tes,

antara lain:

  • Tetap tenang dan fokus selama mengerjakan soal tes.
  • Bacalah soal tes dengan cermat sebelum menjawab.
  • Gunakan waktu sebaik mungkin.
  • Jangan melakukan kecurangan dalam bentuk apapun.

Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.T., M.T., juga memberikan motivasi kepada para peserta tes untuk mengerjakan soal tes dengan sebaik-baiknya. “Saya yakin para peserta tes adalah orang-orang yang cerdas dan mampu. Oleh karena itu, berikan yang terbaik dalam tes ini,” ujarnya.

Tes CBT ini menggunakan sistem aplikasi CAT (Computer Adaptive Test) yang dirancang untuk memberikan soal-soal tes yang sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa hasil tes yang diperoleh objektif dan adil.

Pelaksanaan tes CBT Unila berjalan dengan lancar dan tertib. Para peserta tes terlihat fokus dan antusias dalam mengerjakan soal-soal tes. Panitia penyelenggara tes CBT pun selalu sigap membantu para peserta tes yang mengalami kendala teknis.

Direktur Pascasarjana Unila, Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si.,mengungkapkan rasa syukur atas kelancaran pelaksanaan tes CBT ini. “Alhamdulillah, tes CBT berjalan dengan lancar dan tertib. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini,” ujarnya.

Dr Murhadi juga menyampaikan bahwa hasil tes CBT ini akan diumumkan pada tanggal 25 Mei 2024. Para peserta tes dapat melihat hasil tesnya di website resmi Unila. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved