logo pembaruan
list

UIN RIL Segera Terapkan Kurikulum OBE untuk Semester Ganjil 2024

Facebook
Twitter
WhatsApp

 

PEMBARUAN.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengambil langkah progresif dengan merespons tuntutan globalisasi dan kemajuan menuju knowledge economics melalui penerapan Kurikulum Outcome Based Education (OBE). Langkah ini diumumkan dalam acara Penyelarasan Kurikulum OBE Seluruh Fakultas yang digelar di lingkungan UIN Raden Intan Lampung pada Rabu, 19 Juni 2024.

Dr. Andi Thahir MA, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Raden Intan Lampung, menjelaskan bahwa kurikulum OBE merupakan strategi penting untuk mempersiapkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan. “OBE memfokuskan pada capaian pembelajaran yang konkret, sehingga diharapkan menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas lebih baik,” ungkapnya.

Penyusunan kurikulum OBE dilakukan secara menyeluruh oleh semua fakultas di UIN Raden Intan Lampung selama dua tahun terakhir, dengan tujuan untuk memastikan integrasi dan konsistensi pendekatan OBE di seluruh program studi. Langkah ini juga didorong oleh ambisi UIN Raden Intan Lampung untuk mendapatkan pengakuan internasional pada periode mendatang.

Dalam konteks implementasi, Dr. Andi menekankan bahwa penerapan kurikulum OBE akan mendukung upaya meningkatkan mutu pendidikan, memenuhi standar Kemendikbud Ristek, serta mendukung proses akreditasi internasional. “Komitmen dari semua pihak di UIN Raden Intan Lampung sangat diperlukan untuk keberhasilan penerapan kurikulum ini,” tambahnya.

Kegiatan penyelarasan kurikulum OBE ini juga melibatkan ekspertise dari dalam dan luar UIN Raden Intan Lampung, termasuk Prof Dr Misnen Ardiansyah SE Ak CA ACPA dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta tim internal yang dipimpin oleh Prof Dr Agus Pahrudin MPd. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 19 hingga 21 Juni 2024, dan dihadiri oleh 130 peserta yang terdiri dari unsur LPM, Kaprodi, Sekprodi, Gugus Mutu Fakultas, dan Unit Penjaminan Mutu Prodi (UPMP).

Dengan langkah ini, UIN Raden Intan Lampung menegaskan komitmennya untuk menghadirkan pendidikan yang relevan dan berkualitas, sesuai dengan dinamika global saat ini, serta mempersiapkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademik tetapi juga siap bersaing di tingkat internasional. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved