logo pembaruan
UIN RIL Gelar Master Training untuk Rektor PTK Se-Indonesia
list

UIN RIL Gelar Master Training untuk Rektor PTK Se-Indonesia

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Pusat Moderasi Beragama, bekerja sama dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan dan Latihan (Balitbang dan Diklat) Kementerian Agama (Kemenag) RI, menyelenggarakan Master Training Penguatan Moderasi Beragama bagi 25 Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari, 4-8 Maret 2024 di Hotel Sheraton Lampung ini, merupakan upaya percepatan implementasi Penguatan Moderasi Beragama, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden RI Nomor 58 Tahun 2023.

Rektor UIN RIL, Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan bahwa UIN RIL senantiasa berkomitmen membangun karakter sumber daya manusia Indonesia yang moderat, sejalan dengan kebijakan Penguatan Moderasi Beragama.

“Master Training ini bertujuan mencetak master trainer yang handal, dengan materi yang didesain menggunakan pendekatan system thinking, kepemimpinan transformatif, dan theory of change,” ujar Prof. Mukri.

Para peserta Master Training mendapatkan materi dari berbagai fasilitator kompeten, termasuk Alissa Wahid, Tim Ahli Pokja Moderasi Beragama Kemenag dan Direktur Jaringan Gusdurian Indonesia, serta KH Marzuki Wahid, pengajar IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon.

Di samping Master Training, UIN RIL juga menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) Penguatan Moderasi Beragama yang diikuti oleh guru besar UIN RIL, para senior, dan tokoh agama, dengan melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan komitmen para Rektor PTK dalam mengimplementasikan Moderasi Beragama di lingkungan masing-masing, serta mendorong terciptanya generasi muda yang moderat dan berwawasan kebangsaan. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved