logo pembaruan
list

Talkshow Wanita Inspiratif dan Guru Cakap Digital Membakar Semangat Pendidikan di Lampung

Facebook
Twitter
WhatsApp

 

PEMBARUAN.ID – Gedung Serbaguna Universitas Lampung (Unila) menjadi saksi inspirasi dan semangat baru dalam dunia pendidikan, khususnya bagi para guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Provinsi Lampung. Pada Rabu, 19 Juni 2024, Unila menggelar seminar dan workshop bertajuk “Inspiring Teacher_Provinsi Lampung 2024”, sebagai bagian dari peringatan HUT ke-50 Lampung Post.

Acara yang digelar atas kerjasama Unila dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Provinsi Lampung ini menampilkan dua topik utama yang menjadi sorotan, yakni “Talkshow Wanita Inspiratif” dan “Guru Cakap Digital”.

Talkshow Wanita Inspiratif

Talkshow ini bertema “Wanita Kuat, Indonesia Hebat” dipandu oleh Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., dan Ketua IGTKI-PGRI Provinsi Lampung, Nisdaryati, M.Pd. Prof. Lusmeilia menyampaikan pandangannya tentang peran vital perempuan dalam mendidik dan membangun Indonesia. “Wanita memiliki kelebihan dalam merasakan emosi orang lain dan melihat kehidupan dengan hati nurani,” ungkapnya.

Selain itu, Prof. Lusmeilia juga menekankan pentingnya pendidikan lanjutan bagi para guru TK untuk menjawab tantangan zaman. “Kita harus terus belajar. Pendidikan adalah kunci bagi seorang guru untuk menciptakan generasi emas Indonesia 2024,” tambahnya.

Guru Cakap Digital

Topik kedua yang tidak kalah penting adalah “Guru Cakap Digital”, yang dipresentasikan oleh Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung, Dr. Drs. Iskandar Zulkarnain, M.H. Iskandar menyoroti pentingnya adaptasi teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam era Society 5.0 yang mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) untuk pembelajaran yang lebih personal dan efektif.

“Dengan teknologi yang ada saat ini, kita dapat membantu siswa belajar dengan cara yang lebih efektif dan adaptif,” jelas Iskandar.

Acara ini diharapkan tidak hanya menginspirasi para guru TK dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Lampung, tetapi juga memberikan perspektif baru dalam menghadapi tantangan teknologi dan sosial yang semakin kompleks. Dengan semangat dan pengetahuan baru ini, diharapkan pendidikan di Lampung dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi masa depan Indonesia. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved