logo pembaruan
list

Siapkan Karya Ilmiah Berkelas Internasional, UIN Berikan Pelatihan dan Pendampingan pada Mahasiswa

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas Internasional, UIN Raden Intan Lampung melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) selenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Presentasi pada Konferensi Internasional dan Publikasi pada Jurnal Nasional Ber E-ISSN, Jumat (10/02/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh 129 orang mahasiswa baik S1 maupun S2 dan S3 serta 44 orang dosen pendamping ini berlangsung di Ballroom, Gedung Akademik dan Riset Center UIN Raden Intan Lampung.

Rektor Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD dalam sambutannya saat membuka acara ini, mengapresiasi dan memandang kegiatan ini merupakan sebuah terobosan, terlebih kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa S2 dan S3 namun juga mahasiswa S1 yang dipersiapkan sedini mungkin. 

“Kegiatan ini yang saya tunggu-tunggu, mempersiapkan adik-adik (mahasiswa) harus sedini mungkin, karena waktu terus berjalan, apalagi ada dosen yang mendampingi mahasiswa, ini luar biasa,” ujar Rektor saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Prof Wan menyebutkan, dengan diikuti 129 mahasiswa dan 44 dosen pendamping, maka pencangkokan diseminasi keilmuan secara akademis di UIN Raden Intan Lampung terlaksana dengan baik.

“Karenanya, saya tidak bisa membayangkan, 5 atau 10 tahun yang akan datang mungkin saja akan lahir para guru besar yang lebih muda lagi,” tuturnya.

Sementara itu Ketua LPM Prof Dr Sudarman MAg mengatakan bahwa kegiatan ini didasari oleh semangat untuk menghasilkan publikasi karya ilmiah yang berkualitas Internasional. 

Dia menuturkan melalui kegiatan yang juga didampingi 4 fasilitator ahli ini diharapkan memiliki keluaran karya ilmiah yang ditujukan pada international conference dan publikasi karya ilmiah pada jurnal terakreditasi maupun jurnal yang terindeks scopus. “Kita menargetkan 129 itu 100% bisa publikasi di international conference maupun jurnal nasional dan internasional,” harap Prof Sudarman.

Adapun penyampaian materi mengenai Strategi menulis artikel untuk publikasi di konferensi internasional dan jurnal (Tinjauan Pengelola Jurnal) dijelaskan oleh narasumber Prof Dr Parmin MPd selaku Editor-in-chief Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPI), Jurnal Sinta 1 (Q2) Universitas Negeri Semarang. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved