list

Ngulik Moderasi Beragama Ala Gusdur, PKMB UIN dan AWCPH UI Gelar KVS

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Pusat Kajian Moderasi Beragama (PKMB) UIN Raden Intan Lampung bersama Abdurrahman Wahid Center for Peace and Humanities Universitas Indonesia (AWCPH UI) menggelar Kajian Virtual Series (KVS) bertajuk “Moderasi Beragama Dalam Prisma Pemikiran Gus Dur”.

Dalam undangan digitalnya, tim penyelenggara Kajian Virtual Series tersebut, mengajak para pencinta literasi dan masyarakat umum untuk dapat ikut serta dalam kajian yang akan di laksanakan empat sesi, dengan dua pemantik sebagai Keynote speaker, Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Wan Jamaluddin, Ph.D dan Kepala AWCPH Universitas Indonesia Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D.

Sebagai pengantar undangan digital tersebut, penyelenggara menuliskan narasi terkait Gus Dur. Sayangnya, ketika pembaruan.id mencoba menghubungi nomor penyelenggara yang tertera di dsain undangan, tak satu nomor pun bisa dihubungi.

“Setiap pemikiran dan kiprah Gus Dur selalu mengandung nilai-nilai moderasi beragama. Upaya-upaya mendorong dialog dan toleransi adalah jalan Gus Dur untuk menciptakan perdamaian, dan pada akhirnya untuk kemanusiaan,” tulis tim penyelenggara dalam undangan digitalnya.

Namun, lanjut narasi tersebut, moderasi beragama bagi Gus Dur tak hanya berhenti pada topik-topik seputar agama dan relasi antar agama atau keyakinan. Gus Dur juga mengupayakan agar sikap beragama yang moderat juga harus dapat membantu pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti kebudayaan, ekonomi, lingkungan, pendidikan, kesehatan, sains dan peradaban digital.

“Kajian Virtual Series yang akan diselenggarakan empat kali ini, mengajak untuk mengaji nilai-nilai moderasi beragama dan spektrumnya ke berbagai ranah pembangunan peradaban kemanusiaan,” jelas narasi tersebut.

Ada pun Kajian Virtual Series tersebut, dilaksanakan 03 Nopember 2022, pukul 09.00 wib. Tim penyelenggara juga memberikan akses link zoom, di https://zoom.us/j/95645890768?pwd=L2pRUUtkSUVEa3ZrcXVBV0tWN2JGQT09 dengan passcode 859247 dan id meeting 95645890768.

Berikut Narasumber Kajian Virtual Series teraebut :

1. Danial Sutami Putra, Ph.D cand (Peneliti PGI Psikologi Studi Teologi)
2. Dewi Hermawati. R, Ph.D cand (Peneliti AWCPH UI)
3. Siti Mahmudah, Ph.D (Dosen UIN Raden Intan Lampung)
4. Chepry Chaeruman Hutabarat (Penggiat Gusdurian Lampung)

(tim/red)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved