logo pembaruan
list

Mahasiswa UIN RIL Lulus Tanpa Skripsi, Artikel Ilmiah Tembus Sinta 2

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Aprilis Saputri, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), menorehkan prestasi gemilang dalam bidang publikasi ilmiah. Ia berhasil lulus dengan artikel ilmiah sebagai pengganti skripsi yang diterbitkan di jurnal terakreditasi nasional, Science and Technology Index (Sinta) 2.

Aprilis, yang merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), memulai penelitiannya pada Januari 2024. Artikelnya, yang diterbitkan pada Juni 2024 di Journal of Innovation in Educational and Cultural Research (JIECR) Vol 5, No 2 (2024), membahas tentang “Planning Program for Gifted and Talented Students in Madrasah” atau “Perencanaan Program Gifted and Talented Student di Madrasah”.

“Proses menulis artikel ini sangat panjang, mulai dari mempersiapkan materi, menyusun draf, melalui proses review, hingga akhirnya mendapatkan LoA dan publikasi,” ungkap Aprilis saat diwawancarai, Rabu (03/07). “Proses-proses tersebut didukung penuh oleh pembimbing-pembimbing saya yang luar biasa.”

Sidang tugas akhir Aprilis berlangsung pada 28 Juni 2024 di Prodi MPI. Dekan FTK, Prof. Dr. Hj. Nirva Diana, M.Pd., serta dua pembimbingnya, Dr. Yetri, M.Pd., dan Prof. Syafrimen, M.Ed., Ph.D., memberikan dukungan penuh dalam proses tersebut.

Dr. Yetri, salah satu dosen pembimbing, menyatakan rasa bangganya atas pencapaian luar biasa ini. “Sebelumnya sudah ada mahasiswa yang berhasil publikasi di Sinta 3 dan Sinta 4. Kini, keberhasilan Aprilis di Sinta 2 menunjukkan bahwa gairah belajar dan menulis di MPI terus berkembang,” katanya. Ia menambahkan bahwa kebijakan baru mengenai pengganti skripsi dengan artikel ilmiah telah mendorong semangat mahasiswa untuk berkarya.

Dr. Yetri menjelaskan bahwa publikasi artikel ilmiah membantu membangun budaya baca dan tulis di kalangan mahasiswa. “Dengan adanya artikel ilmiah sebagai tugas akhir, mahasiswa lebih terdorong untuk membaca dan menulis dengan serius,” ujarnya. Ia berharap semakin banyak mahasiswa yang menghasilkan artikel berkualitas dan terpublikasi di jurnal bereputasi.

Keberhasilan Aprilis diharapkan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya dan membawa nama UIN Raden Intan Lampung ke tingkat nasional dan internasional. Prof. Syafrimen, dosen pembimbing artikel ilmiah, melihat ini sebagai peluang strategis untuk meningkatkan akreditasi prodi dan institusi, serta peringkat Webometric, UniRank, dan QS Rank UIN RIL.

“Publikasi ilmiah berkontribusi pada pemeringkatan Webometric dan UniRank melalui penilaian excellence, yang mengukur jumlah publikasi yang disitasi,” jelas Prof. Syafrimen. Ia juga menyebutkan bahwa UIN RIL sedang berupaya untuk masuk dalam QS Rank melalui peningkatan jumlah publikasi.

Prof. Syafrimen menambahkan bahwa publikasi ilmiah membuka peluang besar bagi mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa, baik dalam negeri maupun luar negeri. “Mahasiswa yang memiliki publikasi ilmiah di jurnal bereputasi tinggi memiliki peluang besar untuk memperoleh beasiswa untuk studi lanjut,” katanya.

Prof. Syafrimen mendorong dosen lain untuk membimbing mahasiswanya dalam menulis artikel ilmiah. Ia menargetkan pencapaian yang lebih tinggi, seperti publikasi di Sinta 1 atau jurnal internasional, jika memungkinkan. “Meskipun pedoman hanya mensyaratkan Sinta 6, kita harus mendorong mahasiswa untuk mencapai standar yang lebih tinggi,” tandasnya.

Keberhasilan Aprilis Saputri dalam menembus jurnal Sinta 2 menjadi tonggak penting dalam sejarah akademik UIN Raden Intan Lampung. Hal ini menunjukkan bahwa dengan dukungan yang tepat, mahasiswa mampu mencapai prestasi luar biasa dalam bidang publikasi ilmiah. Semoga pencapaian ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berprestasi dan membawa nama baik UIN Raden Intan Lampung ke kancah nasional dan internasional. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved