logo pembaruan
list

Mahasiswa FT Unila Raih Juara 3 Turnamen Robotik Piala Ketua MPR RI 2024

Facebook
Twitter
WhatsApp

 

PEMBARUAN.ID – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Lampung (Unila). Tim robot dari Fakultas Teknik Unila berhasil meraih Juara 3 dalam kategori Robot Open Soccer Mahasiswa pada Turnamen Robotik Indonesia Piala Ketua MPR RI 2024.

Turnamen ini diselenggarakan oleh Persatuan Robotika Seluruh Indonesia (PRSI) dan diikuti oleh ratusan tim robot dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Turnamen tersebut berlangsung di GOR Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur pada tanggal 17-19 Mei 2024.

Tim robot Unila yang beranggotakan Dafa Sitanala Putra Baladiah (Teknik Informatika’18) dan Nayaka Adiwidya Putra (Teknik Elektro’24) dari Universitas Lampung berhasil menjuarai babak penyisihan dan melaju ke babak final.

Robot yang diperlombakan, yaitu ichibot, berasal dari Yogyakarta dan telah dimodifikasi menjadi lebih baik untuk robot line follower. Pengoperasiannya dimulai dengan mengatur terlebih dahulu jalur yang diinginkan, kemudian menjalankannya dengan menekan tombol start pada robot.

Pada babak final, tim Unila berhadapan dengan tim robot dari beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia. Meskipun tidak berhasil meraih juara pertama, tim Unila berhasil menunjukkan kemampuannya dan meraih Juara 3 dalam kategori Robot Open Soccer Mahasiswa.

“Tim robot Unila telah berlatih dengan sangat keras untuk mempersiapkan diri mengikuti turnamen ini. Saya sangat senang mereka dapat meraih prestasi yang membanggakan. Prestasi ini menunjukkan bahwa Fakultas Teknik Unila terus berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berprestasi di bidang robotik.

Tim robot Unila berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk terus mengembangkan kemampuannya dan meraih prestasi yang lebih tinggi di masa depan.

Universitas Lampung berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan melahirkan generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan berprestasi. Universitas ini terus mendorong mahasiswanya untuk aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan dan mengembangkan bakat mereka. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved