list

Mahasiswa Unila Gagas Digitalisasi Kebun Tanaman Obat

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) periode I Desa Palas Aji, Kecamatan Palas, Lampung Selatan Tahun 2024 telah menciptakan inovasi digitalisasi yang mengagumkan dalam upaya memperbaiki kondisi kebun tanaman obat keluarga yang terbengkalai. Melalui kolaborasi antara mahasiswa FKIP angkatan 2021, mereka berhasil menghadirkan sebuah website informatif yang menjadi pusat pengetahuan dan edukasi bagi masyarakat sekitar.

Inspirasi untuk inovasi ini muncul saat kelompok KKN Desa Palas Aji melakukan analisis pra-KKN terhadap desa tersebut, di mana kebun desa terlihat sangat terabaikan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kelompok KKN mengusulkan konsep kebun edukasi yang tidak hanya memperbaiki keadaan fisik kebun, tetapi juga memberikan inovasi berupa pengklasifikasian tanaman obat yang mereka tanam melalui sebuah website informatif.

Proyek inovatif ini dipimpin oleh Raifan Ahmad Kurniawan, mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi, sebagai koordinator desa. Bersama dengan sembilan anggota kelompok lainnya yang mewakili berbagai jurusan di FKIP, mereka berhasil menciptakan sebuah konsep yang menggabungkan seluruh informasi tanaman di kebun edukasi ke dalam satu website.

“Kami berharap bahwa melalui metode literasi digital yang kami terapkan di kebun edukasi tersebut, masyarakat dapat memperluas pengetahuan tentang manfaat dan kegunaan tanaman yang ada di kebun tersebut,” ungkap Raifan Ahmad Kurniawan dalam wawancara pada Jumat, 9 Februari 2024.

Kontribusi kelompok KKN ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya yang ingin meningkatkan pendidikan dan kesadaran akan keberagaman tanaman obat serta manfaatnya bagi kesehatan. Diharapkan, inovasi ini tidak hanya akan memberikan manfaat langsung bagi Desa Palas Aji, tetapi juga menjadi inspirasi bagi masyarakat dan instansi terkait di seluruh Indonesia. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved