logo pembaruan
Kemendikbudristek
list

FKIP Unila Gelar Sosialisasi “Optimalisasi Pelaporan IKU 3 dan 4 bagi Dosen”

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) mengadakan sosialisasi dengan tema “Optimalisasi Pelaporan IKU 3 dan 4 bagi Dosen”. Kegiatan ini dihelat di Aula A FKIP Unila pada Senin, 15 Januari 2024, dengan dihadiri oleh Dekan FKIP, Prof. Dr. Sunyono, M.Si., para wakil dekan, dan lebih dari 250 dosen FKIP.

Dalam sambutannya, Prof. Sunyono menekankan pentingnya optimalisasi pelaporan IKU sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan di FKIP Unila. Ia menyatakan bahwa IKU 3 dan 4 memiliki peran sentral dalam mengukur kinerja dosen, terutama dalam konteks praktik mengajar.

Dekan juga menyoroti pentingnya pelaporan yang optimal untuk memastikan data yang akurat, yang kemudian dapat digunakan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran di FKIP Unila.

Dalam konteks IKU 4, Prof. Sunyono menjelaskan bahwa praktisi mengajar yang diakui harus terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa dosen yang terlibat dalam praktik mengajar memiliki kualifikasi yang diakui oleh lembaga terkait.

Kegiatan ini mengundang dua narasumber ahli, yaitu Dr. Riyan Hidayatullah, M.Pd., Koordinator Dosen Praktisi Mengajar Unila, dan Iqbal Firdaus, S.Si., M.Si., selaku Sekretaris Koordinator IKU 4.

Dalam sesi diskusi, mereka membahas proses pelaporan, pengukuran kinerja, dan pentingnya memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek. Dr. Riyan Hidayatullah juga memberikan tips dan strategi agar dosen dapat mencapai target IKU 4 dengan efektif.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para dosen FKIP Unila tentang pentingnya pelaporan IKU dan memberikan panduan praktis untuk melakukan pelaporan dengan optimal. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab, di mana para dosen dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan klarifikasi lebih lanjut terkait pelaporan IKU. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved