logo pembaruan
UPT Karier Diseminasikan Hasil Tracer Study
list

Diseminasi Tracer Study UIN RIL: Evaluasi Kualitas Lulusan dan Kerjasama Sinergis

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUANID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menegaskan komitmennya terhadap peningkatan kualitas lulusan melalui penyelenggaraan kegiatan diseminasi tracer study. Acara yang digelar oleh Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karier (P2KK) ini menghadirkan paparan hasil tracer study UIN RIL di Ruang Teater Lt.2 Gedung Academic & Research Center pada Kamis (07/03/2024).

Tracer study menjadi instrumen penting bagi institusi pendidikan tinggi untuk mengevaluasi relevansi kompetensi lulusan dengan tuntutan dunia kerja. Dalam sambutannya, Prof. Dr. H Idrus Ruslan MAg, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, menggarisbawahi pentingnya sinergi antara seluruh perangkat program studi dan alumni untuk kesuksesan tracer study. “Tracer study adalah hal mutlak yang harus berkelanjutan, dengan menjalin kerjasama yang erat dengan para alumni,” ujarnya.

Dr. Tin Amalia Fitri MSi, Kepala P2KK, turut menekankan komitmen UIN RIL dalam menjalankan tracer study secara berkelanjutan. Dia menegaskan perlunya optimalisasi response rate tracer study untuk menghasilkan feedback yang bernilai bagi pengembangan universitas.

Paparan hasil tracer study 2023 oleh Koordinator Tracer Study, Iqbal MM, mengungkapkan bahwa metode pengumpulan data menggunakan exit cohort dengan melibatkan alumni angkatan 2020, 2021, dan 2022. Total responden tracer study mencapai 3134 alumni, yang terdiri dari 2060 alumni S1, 482 alumni S2, dan 95 alumni S3.

“Dari data yang berhasil dikumpulkan, sebanyak 2060 alumni UIN RIL saat ini telah bekerja, 482 di antaranya berwirausaha, sementara sebagian lainnya masih melanjutkan pendidikan profesi atau sibuk dengan aktivitas keluarga,” ungkap Iqbal.

Lebih lanjut, hasil tracer study menunjukkan bahwa sebagian besar alumni UIN RIL mendapatkan pekerjaan pertama dalam waktu kurang dari 3 bulan setelah lulus, dengan sekitar 17% di antaranya sudah mulai mencari pekerjaan sebelum lulus.

Selain sebagai evaluasi kualitas lulusan, tracer study juga menjadi alat evaluasi terhadap sistem pembelajaran dan kurikulum universitas, serta mendukung proses akreditasi baik nasional maupun internasional. Informasi yang dihasilkan dari tracer study juga diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi pihak universitas, orang tua, dan HRD perusahaan.

Kegiatan diseminasi tracer study ini turut dihadiri oleh perwakilan fakultas, program studi, mahasiswa, serta surveyor tracer study UIN RIL, menandakan komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesesuaian lulusan dengan tuntutan pasar kerja. (***)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved