logo pembaruan
list

Hadiri Pembukaan PRL 2024, Aswarodi: Persiapan Kami Maksimal

Facebook
Twitter
WhatsApp

PEMBARUAN.ID – Kabupaten Lampung Utara turut meriahkan gelaran Festival Pekan Raya Lampung (PRL) Tahun 2024, yang diselenggarakan sejak 22 Mei-10 Juni 2024, PKOR Wayhalim, Bandarlampung.

Pj Bupati Lampung Utara Aswarodi menyebut, Kabupaten Lampung Utara telah mempersiapkan dengan baik partisipasinya dalam perhelatan PRL 2024.

Dari pantauan Pembaruan.ID, anjungan Kabupaten Lampung Utara memperkenalkan inovasi baru bernama smart farming dalam hajat tahunan itu.

Inovasi smart farming, menurut Aswarodi, menjadi daya tarik, yang menurutnya belum dimiliki daerah lain.

“Smart farming merupakan teknologi baru dalam bidang pertanian yang hampir seluruh penerapannya telah berbasis internet,” kata dia, ditemui usai Pembukaan PRL 2024 di Way Halim.

Melalui teknologi ini, lanjut dia, para petani bisa melakukan perawatan tanaman cukup dengan smartphone dari jarak jauh.

“Ini baru kita perkenalkan di Pekan Raya Lampung,” tuturnya.

Petani, jelas dia, tak harus mengeluarkan biaya besar untuk bisa mengoperasikan teknologi ini. Para petani dapat lebih merasa terbantu dari sisi biaya produksi oleh karena cara kerjanya yang efesien.

“Cara kerjanya sederhana, hanya dengan kisaran Rp500 ribu, kita sudah bisa menggerakkan alat tersebut dengan menggunakan aplikasi di handphone,” jelas dia.

Saat ini penerapan teknologi smart farming tengah dalam tahap uji coba. Aswarodi optimistis teknologi ini bisa memberikan dampak positif bagi kemajuan sektor petanian di Lampung Utara.

“Karena memang ini teknologi baru, maka langkah pertama rencana kita memang akan kita perkenalkan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Diketahui, Kabupaten Lampung Utara menampilkan 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta mitra kerja pemerintah daerah, perbankan, dan UMKM. Mereka mengisi 16 stan yang menjadi anjungan khas daerah tersebut.

Tidak hanya sebagai ajang pameran layanan OPD, anjungan Kabupaten Lampung Utara menonjolkan dekorasi yang unik serta menyediakan layanan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan beragam hasil kerajinan dari UMKM setempat.

Seremoni Pembukaan PRL 2024 berlangaung meriah. Gubernur Lampung, Ir. Hi. Arinal Djunaidi, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, secara resmi membuka acara tersebut, Rabu (22/05/2024) malam.

Letupan kembang api menyemarakkan suasana, ditambah dengan iringan musik dan tarian tradisional yang memukau, memperkuat semangat perayaan ribuan masyarakat yang hadir.

Gubernur Arinal Djunaidi juga menggarisbawahi bahwa PRL 2024 bukan hanya sekadar acara hiburan, melainkan momentum penting untuk memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung yang ke-60 tahun.

Selain itu, kegiatan ini menjadi wadah penting untuk menyebarkan informasi dan komunikasi mengenai berbagai pencapaian program serta potensi dari setiap kabupaten dan kota di Provinsi Lampung. (rofiq)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved