logo pembaruan
list

Pertegas Garis Gerakan, KNPI Lampung Gelar Refleksi Ahir Tahun

Facebook
Twitter
WhatsApp

REFLEKSI ahir tahun, erat kaitannya dengan managemen waktu. Dulu, kita mengenal ungkapan, pelan tapi pasti. Tentu ungkapan itu sudah tidak relevan di era distrupsi saat ini.

Cepat, tepat, selamat. Cepat sesuai dengan tuntutan jaman yang serba instan. Siapa pun, kapan pun, dimana pun bisa berselancar menjelajah dunia dengan satu klik.

Tepat, sangat tergantung pada trategi apa yang digunakan. Tentu momentum ahir tahun adalah wahana yang tepat untuk merefleksikan sekaligus merumuskan kembali metode dan mempertegas garis perjuangan baru yang lebih jernih dan tepat sasaran.

Selamat, dalam konteks program dan metode gerakan. Kata selamat tentu berkaitan dengan resiko dari strategi gerakan yang di canangkan. Apakah sukses dengan capaian sesuai dengan yang diinginkan atau sebaliknya.

Dalam konteks manajemen modern, refleksi dimaknai evaluasi, yaitu suatu pekerjaan setelah perencanaan dan pelaksanaan.

Maknanya, evaluasi dilakukan pada akhir suatu kegiatan. Sifatnya berupa penilaian, perbaikan, masukan terhadap kegiatan yang telah dilakukan, dan menganalisa kegiatan selanjutnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Dapat dikatakan, refleksi merupakan perenungan diri terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. DPD KNPI Lampung, Kamis (29/12/2022) telah melakukan refleksi ahir tahun 2022 di Gedung Pemuda, Jalan Z.A Pagar Alam No 25, Gg. Semangka, Gedong Meneng, Rajabasa, Bandarlampung, Lampung.

Ya, harus diakui di genggaman tangan dingin Ketua Iqbal Ardiansyah KNPI Lampung telah banyak menorehkan prestasi. Setidaknya, jauh lebih hidup dari sebelumnya.

Terlebih, saat ini KNPI Lampung memiliki ratusan relawan pemuda binaan, yang berkomitmen menjadi garda terdepan menjaga persatuan pada 2023 mendatang.

Sedikitnya, 80 Relawan Pemuda Lampung hadir bersama pengurus harian KNPI Lampung dalam agenda evaluasi, refleksi sekaligus meletakkan kembali khittah gerakan pemuda untuk 12 bulan kedepan.

Dibawah komando Iqbal, para relawan dan pengurus bergotong royong membersihkan Sekretariat DPD KNPI Lampung yang diahiri dengan makan bersama.

“Semangat gotong royong pemuda harus dibangkitkan lagi. Derasnya arus globalisasi jangan membuat pemuda Lampung hanyut dan terlena tak mau bersosialisasi sesama,” kata Iqbal.

Kekompakan ini, lanjut Iqbal, menggambarkan semangat optimisme pemuda Lampung andil dalam setiap even pembangunan, maupun kegiatan sosial agar kemanfaatan KNPI lebih dirasakan oleh masyarakat Lampung.

“Terpenting adalah bagaimana ke depan semua program kerja strategis KNPI dan Relawan Pemuda Lampung dapat berjalan secara optimal,” tegasnya.

Menurut Iqbal, KNPI Lampung di priode kepengurusan saat ini telah memantapkan berbagai program kerja, diantranya pencegahan paham radikalisme di kalangan pemuda, pencegahan peredaran narkoba dikalangan pemuda, pencegahan tindak kriminalitas di kalangan Pemuda.

Tidak hanya itu, lanjut dia, pihaknya juga memberikan bantuan sosial ke masyarakat berupa sembako dan memaksimalkan potensi pemuda Lampung dalam suksesi pembangunan ke depannya, dan juga kita akan melakukan konsolidasi akbar ke seluruh DPD KNPI Kabupaten/Kota Se-Lampung.

“Seluruh program sudah berjalan. Tentu momentum ahir tahun 2022 ini kita harus mengevaluasi keseluruhan, sekaligus kembali merumuskan langkah kedepan,” ucapnya.

Iqbal juga mengungkapkan rasa bangganya, atas kekompakan para relawan pemuda dan pengurus KNPI Lampung.

“Saya dan jajaran pengurus DPD KNPI Lampung begitu bangga kepada seluruh relawan pemuda Lampung yang begitu bersemangat bergotong royong membersihkan sekretariat DPD KNPI Lampung yang baru saja selesai di renovasi”.

Kedepan, tambah Iqbal, KNPI Lampung bersama relawan pemuda Lampung memiliki pekerjaan rumah baru, yakni harus menjadi garda terdepan mencegah maraknya aksi tawuran pemuda, yang saat ini sedang marak.

“Semoga semua program di 2023 dapat berjalan dan mendapat dukungan semua pihak, baik pemerintah maupun swasta,” tandas Iqbal.

penulis : Ariyadi Ahmad

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkait

Copyright © pembaruan.id
All right reserved